Partai Republik Kuasai DPR AS, Joe Biden Ucapkan Selamat

ADVERTISEMENT

Partai Republik Kuasai DPR AS, Joe Biden Ucapkan Selamat

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 17 Nov 2022 12:56 WIB
President Joe Biden speaks during the Commission on the Partnership for Global and Infrastructure Investment Meeting at the G20 summit, Tuesday, Nov. 15, 2022, in Nusa Dua, Bali, Indonesia. (AP Photo/Alex Brandon)
Presiden AS Joe Biden (Foto: AP/Alex Brandon)
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengucapkan selamat pada lawan-lawan politiknya dari Partai Republik karena berhasil merebut kursi mayoritas di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS. Biden mengatakan dia bersedia bekerja dengan mereka dan melayani rakyat Amerika.

"Rakyat Amerika ingin kami menyelesaikan sesuatu untuk mereka," kata Biden setelah media AS memproyeksikan kemenangan tipis Partai Republik di DPR Amerika Serikat setelah pemilu sela pekan lalu.

"Dan saya akan bekerja dengan siapa pun -- Republik atau Demokrat -- yang bersedia bekerja dengan saya untuk memberikan hasil untuk mereka," kata Biden dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (17/11/2022).

Partai Republik berhasil merebut kursi mayoritas di DPR sehari setelah mantan presiden yang juga rival Biden, Donald Trump, mengumumkan pencalonannya untuk pemilu 2024.

NBC dan CNN International memproyeksikan kemenangan bagi Partai Republik dengan setidaknya 218 kursi di DPR yang beranggotakan 435 orang. Angka 218 sendiri merupakan threshold untuk menguasai lembaga tinggi negara itu.

Dengan hasil ini, Pemimpin Minoritas Republik Kevin McCarthy kemungkinan akan menjadi ketua DPR saat Kongres baru bersidang awal tahun depan. Dia akan menggantikan Nancy Pelosi dari Partai Demokrat yang menjadi ketua DPR sejak 2019.

Sebelumnya, Trump telah mengumumkan dirinya akan kembali maju menjadi capres dalam pemilu 2024.

Lihat Video: KTT G20 Usai, Joe Biden Pamitan Tinggalkan Bali

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT