Rudal Ukraina Jatuh di Polandia, PM Belanda Salahkan Rusia!

ADVERTISEMENT

Rudal Ukraina Jatuh di Polandia, PM Belanda Salahkan Rusia!

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 16 Nov 2022 14:25 WIB
Perdana Menteri Belanda Mark Rutte
Perdana Menteri Belanda Mark Rutte (AFP/PHIL NIJHUIS)
Denpasar -

Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte mengomentari insiden rudal jatuh di Polandia yang ledakannya menewaskan dua orang. Rutte menyebut insiden itu tidak akan terjadi jika Rusia tidak melancarkan serangan ke Ukraina, yang berbatasan dengan Polandia.

Seperti dilansir CNN, Rabu (16/11/2022), pernyataan itu disampaikan Rutte via Twitter sembari memposting foto para kepala negara anggota G7 dan negara anggota NATO yang hadir dalam rapat darurat di Bali, di sela-sela menghadiri KTT G20, pada Rabu (16/11) pagi untuk membahas insiden di Polandia.

"Kami bersatu dalam pesan kami bahwa pertama-tama, kami perlu menetapkan fakta dan karena itu mendukung penyelidikan Polandia," tulis Rutte dalam pernyataan via Twitter.

"Satu hal yang jelas: ini tidak akan terjadi tanpa serangan rudal Rusia yang mengerikan terhadap Ukraina. Kami terus mendukung Ukraina dalam pertahanannya melawan agresi Rusia," imbuh Rutte.

Situasi seputar insiden rudal jatuh di Polandia, pada Selasa (15/11) waktu setempat, masih belum jelas. Pernyataan Kementerian Luar Negeri Polandia menyebut dua warganya tewas akibat ledakan sebuah 'rudal buatan Rusia' yang terjatuh di desa Przewodow, yang terletak dekat dengan perbatasan Ukraina.

Kementerian Luar Negeri Polandia tidak menjelaskan lebih lanjut soal jenis rudal atau dari mana rudal itu ditembakkan. Presiden Andrzej Duda dalam pernyataannya menyebut belum ada bukti jelas soal pelaku yang menembakkan rudal itu.

Namun informasi terbaru dari para pejabat Amerika Serikat (AS), seperti dilansir Associated Press, menyebut penilaian awal menunjukkan rudal yang jatuh di Polandia ditembakkan oleh pasukan Ukraina. Menurut para pejabat AS itu, rudal tersebut ditembakkan oleh Kiev saat menghalau serangan rudal Rusia.

Ketiga pejabat AS itu tidak bisa disebut identitasnya karena mereka tidak berwenang untuk membahas masalah ini secara terbuka. Belum ada tanggapan resmi dari otoritas AS maupun Ukraina terkait laporan Associated Press tersebut.

Simak Video: Rudal Rusia Hantam Polandia, Ternyata Ditembakkan Ukraina

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT