Rudal Jatuh di Polandia Ditembakkan Ukraina Saat Halau Serangan Rusia

ADVERTISEMENT

Rudal Jatuh di Polandia Ditembakkan Ukraina Saat Halau Serangan Rusia

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 16 Nov 2022 13:45 WIB
Washington DC -

Sebuah rudal yang jatuh di wilayah Polandia dan menewaskan dua orang, ternyata ditembakkan oleh pasukan Ukraina saat menghalau serangan rudal Rusia ke wilayahnya. Otoritas Ukraina belum mengomentari laporan terbaru yang disampaikan para pejabat Amerika Serikat (AS) ini.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (16/11/2022), tiga pejabat AS menyebut penilaian awal menunjukkan rudal yang jatuh di Polandia itu ternyata ditembakkan oleh pasukan Ukraina pada Selasa (15/11) waktu setempat.

Disebutkan para pejabat AS itu bahwa rudal itu ditembakkan oleh Kiev saat menghalau serangan rudal Rusia. Rusia diketahui melancarkan invasi militer ke Ukraina sejak 24 Februari lalu dan berlanjut hingga kini.

"Tiga pejabat AS mengatakan penilaian awal menunjukkan rudal itu ditembakkan oleh pasukan Ukraina terhadap satu rudal Rusia yang datang di tengah salvo yang menghancurkan terhadap infrastruktur listrik Ukraina pada Selasa (15/11)," demikian laporan Associated Press dengan mengutip tiga pejabat AS.

Ketiga pejabat AS itu tidak bisa disebut identitasnya karena mereka tidak berwenang untuk membahas masalah ini secara terbuka.

Otoritas AS maupun Ukraina belum memberikan tanggapan resmi atas laporan Associated Press tersebut.

Diketahui bahwa Ukraina masih memiliki pasokan persenjataan buatan Uni Soviet dan Rusia, termasuk sistem rudal pertahanan udara S-300. Kementerian Luar Negeri Polandia dan Presiden Andrzej Duda sebelumnya menyebut rudal yang jatuh di desa Przewodow, yang terletak dekat dengan perbatasan Ukraina itu, merupakan 'rudal buatan Rusia'.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT