Sempat Panas! Xi Jinping Bilang Ini ke Biden Soal Taiwan

ADVERTISEMENT

Sempat Panas! Xi Jinping Bilang Ini ke Biden Soal Taiwan

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 15 Nov 2022 11:59 WIB
U.S. President Joe Biden shakes hands with Chinese President Xi Jinping as they meet on the sidelines of the G20 leaders summit in Bali, Indonesia, November 14, 2022.  REUTERS/Kevin Lamarque
Pertemuan Xi Jinping dan Joe Biden di Bali (dok. REUTERS/Kevin Lamarque)
Denpasar -

Pembicaraan yang dilakukan Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dilaporkan sempat memanas saat kedua pemimpin membahas soal isu Taiwan yang sensitif. Xi bahkan memperingatkan negaranya akan menindak tegas siapa saja yang berusaha memisahkan Taiwan dari China.

Seperti dilansir CNN, Selasa (15/11/2022), Xi dan Biden yang bertatap muka di Bali pada Senin (14/11) waktu setempat dilaporkan melakukan 'pertukaran pandangan secara terus terang dan mendalam' soal isu-isu strategis yang penting dalam hubungan bilateral, juga soal isu-isu global utama.

Salah satu isu yang dibahas adalah soal Taiwan, yang diketahui menjadi salah satu pemicu ketegangan antara China dan AS selama ini. Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan menyebut Xi memberikan penjelasan lengkap soal posisi China dalam isu Taiwan dalam pembicaraannya dengan Biden.

Xi, menurut Kementerian Luar Negeri China, sempat memperingatkan Biden dalam pembicaraan di Bali bahwa Taiwan menjadi 'garis merah pertama' yang tidak seharusnya dilanggar dalam hubungan China dan AS.

"Dia (Xi-red) menekankan bahwa persoalan Taiwan menjadi sangat inti dalam kepentingan inti China, batu landasan politik dalam hubungan China-AS, dan garis merah pertama yang tidak boleh dilanggar dalam hubungan China-AS," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri China.

"Siapa pun yang berusaha memisahkan Taiwan dari China akan melanggar kepentingan fundamental bangsa China; rakyat China tentu saja tidak akan membiarkan hal itu terjadi!" imbuh pernyataan tersebut.

Secara terpisah, Biden mengungkapkan isi pembicaraannya dengan Xi kepada wartawan usai pertemuan yang berlangsung selama tiga jam itu digelar di Bali pada Senin (14/11) waktu setempat. Dijelaskan Biden bahwa dirinya telah memperjelas kepada Xi soal kebijakan AS terhadap Taiwan tidak berubah.

Lihat video 'Joe Biden Bicara soal One China Policy di KTT G20':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT