Update Pemilu Sela AS: Demokrat Pertahankan Kontrol Senat dari Partai Republik

ADVERTISEMENT

Update Pemilu Sela AS: Demokrat Pertahankan Kontrol Senat dari Partai Republik

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 13 Nov 2022 10:54 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Joe Biden (Foto: Dok.detikcom)
Jakarta -

Partai Demokrat mempertahankan kendali atas Senat Amerika Serikat (AS). Hasil sementara ini menentang prediksi kemenangan Partai Republik atas kedua majelis Kongres.

Dilansir dari AFP, Minggu (13/11/2022), masa pertengahan jabatan secara tradisi memberikan penolakan terhadap partai yang berkuasa. Hal itu akibat melonjaknya inflasi dan berpengaruh dengan popularitas Joe Biden.

Partai Republik telah mengharapkan untuk merebut Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat. Tetapi gelombang penolakan itu tidak pernah melampaui suara.

Pada hari Sabtu jaringan AS menyerukan perlombaan Senat kunci di Nevada untuk petahana Demokrat Catherine Cortez Masto yang memberi partai itu 50 kursi yang dibutuhkan untuk mayoritas yang efektif.

Kemenangan itu lantas merebut kendali Demokrat di Senat karena Wakil Presiden Kamala Harris dapat memberikan suara yang menentukan jika majelis tinggi terbagi rata 50-50.

Kedua partai itu bersaing ketat di 49 kursi masing-masing setelah Demokrat Mark Kelly diproyeksikan untuk memenangkan perlombaan Senat yang ketat di Arizona pada Jumat malam.

Simak juga Video: Biden: Saya Niat Mencalonkan Diri Lagi di Pilpres 2024

[Gambas:Video 20detik]



(eva/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT