Warga AS Ditembak Mati di Baghdad Irak

ADVERTISEMENT

Warga AS Ditembak Mati di Baghdad Irak

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 08 Nov 2022 05:21 WIB
Ilustrasi kasus penembakan Brigadir J
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Seorang warga Amerika Serikat (AS) yang telah tinggal di Irak selama 2 tahun ditembak mati di Ibu Kota Baghdad. Belum diketahui motif penembakan tersebut.

"Korban sedang bepergian dengan mobil ketika orang tak dikenal melepaskan tembakan", kata sumber kementerian dalam negeri, dengan syarat anonim seperti dilansir AFP, Selasa (8/11/2022).

Kedutaan AS di Baghdad belum memberikan komentar dengan segera terkait insiden ini.

Serangan itu terjadi di Karrada, sebuah distrik komersial yang ramai di jantung ibu kota Irak.

Keamanan telah meningkat secara signifikan di Irak sejak kekalahan kelompok ISIS yang diumumkan pada akhir 2017. Meskipun serangan sporadis terus berlanjut, biasanya menargetkan pasukan keamanan Irak.

Namun serangan bersenjata terhadap warga negara asing jarang terjadi, meskipun senjata bisa dimiliki oleh warga sipil.

Sementara pangkalan dan kepentingan AS di Irak sering menjadi sasaran dalam serangan sebelumnya, akan tetapi serangan mematikan menjadi semakin jarang.

Pada Maret 2021, seorang kontraktor sipil AS meninggal karena serangan jantung saat berlindung dari serangan roket di pangkalan Irak yang menampung pasukan dari koalisi pimpinan AS yang memerangi IS.

Dan pada Maret 2020, dua bulan setelah pembunuhan komandan Iran Qasem Soleimani dalam serangan pesawat tak berawak AS di Baghdad, dua tentara Amerika dan satu tentara Inggris tewas dalam serangan serupa, di mana menjadi yang paling mematikan dalam beberapa tahun.

Simak juga Video: Insiden Penembakan di Philadelpia, 9 Orang Terluka

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT