Tegang! Korsel Kerahkan Jet Siluman Usai Deteksi 180 Jet Tempur Korut

ADVERTISEMENT

Tegang! Korsel Kerahkan Jet Siluman Usai Deteksi 180 Jet Tempur Korut

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 04 Nov 2022 15:45 WIB
Angkatan Udara Israel baru saja menerima tiga unit jet tempur siluman F-35 yang baru dari Amerika Serikat (AS). Begini penampakan jet tempur siluman tersebut.
Ilustrasi jet tempur F-35 (Foto: Scott Barbour/Getty Images)
Jakarta -

Militer Korea Selatan (Korsel) mengerahkan jet siluman F-35A pada hari Jumat setelah mendeteksi mobilisasi 180 pesawat tempur Korea Utara (Korut). Ini terjadi di saat Korsel melakukan latihan udara bersama skala besar dengan Amerika Serikat, yang telah membuat marah Pyongyang.

Korea Utara telah meluncurkan serangkaian peluncuran rudal yang memecahkan rekor minggu ini, termasuk uji coba rudal balistik antarbenua yang gagal pada hari Kamis (3/11).

Seoul dan Washington memperpanjang latihan udara bersama terbesar mereka hingga Sabtu sebagai tanggapan atas rentetan peluncuran rudal Korut tersebut.

"Militer kami mendeteksi sekitar 180 pesawat tempur Korea Utara yang dimobilisasi di wilayah udara Pyongyang," kata Kepala Staf Gabungan Seoul, seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (4/11/2022).

Dia menambahkan bahwa Seoul "mengerahkan 80 jet tempur termasuk F-35A" sementara jet-jet tempur yang terlibat dalam latihan bersama juga "mempertahankan kesiapan".

Sebelumnya, tak lama setelah Korea Selatan mengumumkan keputusan untuk memperpanjang latihan militer bersama AS pada hari Kamis (3/11), Pyongyang kembali meluncurkan tiga rudal balistik jarak pendek. Pyongyang menyebut perpanjangan latihan militer bersama itu "pilihan yang sangat berbahaya dan salah".

Beberapa jam kemudian, Korea Utara menembakkan 80 peluru artileri yang mendarat di "zona penyangga" maritim, kata militer Seoul.

Simak juga 'Suara Sirene Meraung-meraung di Jepang, Menandai Rudal Korea Utara':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT