Buntut Tragedi Itaewon, Korsel Tingkatkan Pengawasan Stasiun Kereta

ADVERTISEMENT

Buntut Tragedi Itaewon, Korsel Tingkatkan Pengawasan Stasiun Kereta

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 04 Nov 2022 11:18 WIB
Apa yang terjadi di Itaewon? Dunia dihebohkan dengan tragedi maut yang terjadi di pusat kota Seoul, Korea Selatan. Insiden itu menewaskan ratusan orang.
tragedi Itaewon (Foto: REUTERS/YONHAP)
Jakarta -

Otoritas Korea Selatan meningkatkan pengawasan di stasiun-stasiun kereta bawah tanah yang ramai. Langkah ini dilakukan menyusul peristiwa Halloween yang mematikan, yang menewaskan lebih dari 150 orang di Seoul, ibu kota Korsel.

Dilansir kantor berita Reuters, Jumat (4/11/2022), perayaan tahunan di area kehidupan malam yang populer di Itaewon, Seoul berubah menjadi mematikan pada Sabtu malam lalu, setelah puluhan ribu anak muda memadati jalan-jalan sempit dan gang-gang. Itu adalah acara Halloween pertama dalam tiga tahun yang hampir bebas dari pembatasan COVID-19.

"Situasi berisiko tinggi serupa dapat terjadi pada jam sibuk kereta bawah tanah," kata Perdana Menteri Korsel, Han Duck-soo. Dia mendesak polisi untuk merespons dengan tepat guna mencegah kecelakaan akibat kepadatan warga.

PM Han mengatakan bahwa mulai Jumat (4/11) ini, para polisi akan dikerahkan ke stasiun-stasiun kereta bawah tanah di Seoul untuk bergabung dengan para pejabat metro dalam kegiatan pengendalian massa.

Sebelumnya, Komisaris Jenderal Polisi Nasional Yoon Hee-keun pada hari Selasa mengakui pengendalian massa di lokasi bencana itu "tidak memadai." Dia menekankan bahwa polisi telah menerima banyak telepon darurat yang memperingatkan kemungkinan kecelakaan pada malam tragis itu.

Para ahli mengatakan bahwa tragedi Itaewon seharusnya bisa dicegah. Menurut para ahli, pengendalian kerumunan dan lalu lintas yang tepat oleh pihak berwenang dapat mencegah atau setidaknya mengurangi lonjakan pengunjung pesta Halloween di gang-gang.

Tragedi Itaewon menewaskan 156 orang dan melukai 187 orang lainnya, dengan 33 orang di antaranya dalam kondisi serius. Sedikitnya 26 warga dari 14 negara termasuk di antara yang tewas.

Simak video 'Halloween Kemungkinan Bakal Dilarang dari Siaran Korea Selamanya':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT