8 Kantor Polisi Digeledah terkait Tragedi Itaewon, Dokumen Disita

ADVERTISEMENT

8 Kantor Polisi Digeledah terkait Tragedi Itaewon, Dokumen Disita

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 02 Nov 2022 17:11 WIB
An investigator inspects the scene of a stampede that happened during Halloween festivities, in Seoul, South Korea October 31, 2022. REUTERS/Kim Hong-Ji
Kepolisian Korsel melakukan olah TKP di lokasi tragedi Itaewon (dok. Reuters/Kim Hong-Ji)
Seoul -

Para penyelidik Korea Selatan (Korsel) yang menyelidiki tragedi Itaewon menggeledah kantor-kantor kepolisian di wilayah ibu kota Seoul. Mereka menyita sejumlah dokumen dan laporan terkait panggilan darurat yang diterima polisi beberapa jam sebelum insiden desak-desakan maut terjadi pada Sabtu (29/10) lalu.

Seperti dilansir CNN, Rabu (2/11/2022), Departemen Kepolisian Metropolitan Seoul menuturkan para penyelidik menggeledah delapan kantor kepolisian setempat dan menyita sejumlah laporan internal juga dokumen terkait laporan soal situasi kerumunan berbahaya pada hotline darurat 112 pada 29 Oktober lalu.

Salah satu kantor polisi yang digeledah adalah kantor polisi distrik Yongsan, yang mengawasi area Itaewon yang dikenal dengan kehidupan malamnya.

Penggeledahan dilakukan saat otoritas Korsel menghadapi tekanan dan kemarahan publik terkait tragedi Itaewon. Para saksi mata menyebut tidak ada pengaturan massa di Itaewon pada malam kejadian, meskipun kepolisian telah menerima sejumlah panggilan darurat sekitar empat jam sebelum tragedi itu terjadi.

Insiden desak-desakan mematikan itu terjadi di gang sempit, di mana para saksi mata menggambarkan mereka tidak bisa bergerak atau bernapas saat kerumunan besar berkumpul di ruas jalanan sempit dengan lebar tidak lebih dari empat meter.

Informasi terbaru menunjukkan orang-orang sebenarnya telah menghubungi layanan darurat kepolisian untuk melaporkan situasi kerumunan besar yang berbahaya beberapa jam sebelum kematian pertama dilaporkan. Sejauh ini dilaporkan sedikitnya 156 orang tewas dalam tragedi Itaewon.

Penggeledahan pada Rabu (2/11) waktu setempat dilakukan oleh unit investigasi khusus yang dibentuk sehari sebelumnya oleh Kepolisian Nasional Korsel (NPA) untuk secara khusus menyelidiki tragedi Itaewon.

Lihat Video: Fakta-fakta Baru Tragedi Halloween di Itaewon

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT