Cerita Putin Saling Panggil 'Brother' dengan Jokowi

ADVERTISEMENT

Cerita Putin Saling Panggil 'Brother' dengan Jokowi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 01 Nov 2022 21:57 WIB
Jokowi bertemu Putin di Kremlin
Foto: Jokowi dan Putin (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Moskow -

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan memiliki hubungan yang dekat dengan Indonesia. Putin bahkan mengaku saling menggunakan sapaan 'brother' atau 'saudara' dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat keduanya berbincang.

Hal itu disampaikan Putin dalam Valdai Discussion Group di Moskow pada 27 Oktober 2022 lalu. Putin saat itu menjawab pertanyaan dari pengamat militer Indonesia Connie Rahakundini Bakrie yang turut hadir dalam forum tersebut.

"Kami memiliki hubungan yang sangat baik dengan Indonesia sepanjang sejarah modern," kata Putin dikutip dari video yang ditayangkan situs resmi Kremlin, Selasa (1/11/2022).

Putin kemudian mengungkap hubungan baiknya dengan Jokowi. Dia menuturkan, saat menelepon, Jokowi memanggilnya dengan sebutan 'saudara'. Begitupun sebaliknya.

"Presiden Widodo ketika dia memanggil saya, dia memanggil saya saudara, dan saya mengatakan hal yang sama kepadanya. Kami menghargai hubungan yang telah kami bangun dengan Indonesia," tuturnya.

Putin juga menyampaikan terima kasihnya atas undangan Jokowi untuk menghadiri KTT G20 di Bali pada November mendatang. Putin bicara kemungkinan untuk datang dalam acara itu.

"Saya berterima kasih kepada pimpinan dan Presiden atas undangan G20. Kami akan memikirkan bagaimana kami akan mengaturnya. Rusia pasti akan diwakili oleh tingkat tinggi di sana. Mungkin saya akan pergi juga. Saya akan memikirkannya," papar Putin.

(mae/rfs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT