Menhan Rumania Mundur Usai Komentar soal Perang Ukraina

ADVERTISEMENT

Menhan Rumania Mundur Usai Komentar soal Perang Ukraina

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 25 Okt 2022 04:25 WIB
Kisah Drakula dan Jejak Islam di Rumania
Bendera Rumania (Tim Jazirah Islam Trans7).
Jakarta -

Menteri Pertahanan Rumania Vesile Dincu mundur. Dincu mundur usai mengeluarkan komentar soal perang Ukraina-Rusia yang menuai banyak kritik.

Dilansir dari AFP, pada Senin (26/10/2022), mengundurkan diri setelah menghadapi gelombang kritik karena mengatakan perang di Ukraina hanya bisa berakhir melalui pembicaraan damai dengan Rusia. Vesile Dincu mengumumkan soal pengunduran diri dari media sosial.

"Ketidakmungkinan berkolaborasi dengan presiden," itukah sedikit kutipan yang tertulis di surat pengunduran dirinya.

Presiden Rumania Klaus Iohannis secara terbuka mengutuk Dincu atas komentarnya tentang Ukraina awal bulan ini, dengan mengatakan "hanya Ukraina yang dapat memutuskan kapan dan apa yang dinegosiasikan".

"Ini adalah posisi resmi kami dan pejabat tertentu di negara kami harus membaca media lebih sering untuk mengetahuinya," katanya kepada wartawan.

Komentar itu muncul beberapa hari setelah Dincu, yang seorang sosiolog perdagangan, mengatakan dalam sebuah wawancara televisi "satu-satunya kesempatan untuk perdamaian adalah bernegosiasi dengan Rusia".

Dincu juga dikritik oleh pemimpin partai sosial demokrat (PSD) dan dipanggil oleh Perdana Menteri Nicolae Ciuca pekan lalu, ketika oposisi menyerukan pengunduran dirinya.

"Pengunduran diri saya diperlukan agar tidak menghalangi proses pengambilan keputusan ... dan serangkaian proyek mutlak diperlukan untuk fungsi optimal tentara Rumania", kata Dincu dalam pengunduran dirinya Senin.

Lihat Video: Detik-detik Tentara Rumania Ledakkan Ranjau Perang di Laut Hitam

[Gambas:Video 20detik]




(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT