Pesawat Pengebom AS Tiba di Guam Saat Tegang Soal Taiwan-Nuklir Korut

ADVERTISEMENT

Pesawat Pengebom AS Tiba di Guam Saat Tegang Soal Taiwan-Nuklir Korut

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 21 Okt 2022 18:33 WIB
A U.S. Air Force B-1B Lancer bomber flies through a cloud over Andersen Air Force Base, Guam May 19, 2020. Picture taken May 19, 2020. U.S. Air Force/Senior Airman River Bruce/Handout via REUTERS.
Pesawat pengebpm B-1B Lancer milik Angkatan Udara AS (U.S. Air Force/Senior Airman River Bruce/Handout via REUTERS)
Washington DC -

Sejumlah pesawat pengebom B-1B milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) mendarat di Guam, pekan ini, dalam pengerahan kedua ke pulau yang di Pasifik Barat itu sepanjang tahun ini. Pengerahan itu dilakukan di tengah ketegangan kawasan terkait Taiwan dan prospek uji coba nuklir terbaru Korea Utara (Korut).

Seperti dilansir Reuters, Jumat (21/10/2022), militer AS mengonfirmasi pengerahan sementara pesawat pengebom B-1B ke wilayah Pasifik AS itu sebagai bagian dari misi 'satuan tugas pengebom' pada Kamis (20/10) waktu setempat.

Sehari sebelumnya, situs web pelacak pesawat melaporkan penerbangan pesawat pengebom AS itu dari pangkalannya di AS menuju Guam.

"Ini dimaksudkan untuk mengirimkan pesan bahwa AS berdiri erat dengan sekutu-sekutu dan mitranya untuk mencegah potensi provokasi," ucap juru bicara Pentagon Brigadir Jenderal Pat Ryder saat ditanya apakah misi itu dimaksudkan untuk memberi pesan pada Korut.

Ryder menambahkan bahwa kehadiran pesawat pengebom itu juga bertujuan untuk menunjukkan bahwa AS memiliki kemampuan untuk melakukan operasi global setiap saat.

Korut melakukan serangkaian uji coba nuklir dengan jumlah mencapai rekor sepanjang tahun ini, termasuk peluncuran rudal hingga melampaui wilayah udara Jepang. Para pejabat AS dan Korea Selatan (Korsel) memperkirakan Korut bersiap melanjutkan uji coba nuklir untuk pertama kalinya sejak tahun 2017.

Korut telah menggelar enam uji coba nuklir sejak tahun 2006.

Simak video 'Kantor Wali Kota di Donetsk Hancur Dihantam Roket AS':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT