Roda Pesawat 747 Dreamlifter Copot Saat Lepas Landas, Ini Kata Boeing

ADVERTISEMENT

Roda Pesawat 747 Dreamlifter Copot Saat Lepas Landas, Ini Kata Boeing

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 12 Okt 2022 11:23 WIB
FILE PHOTO: The Boeing logo is pictured at the Latin American Business Aviation Conference & Exhibition fair (LABACE) at Congonhas Airport in Sao Paulo, Brazil, Aug. 14, 2018. REUTERS/Paulo Whitaker/File Photo
Ilustrasi (dok. REUTERS/Paulo Whitaker/File Photo)
Washington DC -

Pihak Boeing mengomentari insiden pesawat 747 Dreamlifter yang rodanya copot saat lepas landas di Italia. Boeing menegaskan akan mendukung penyelidikan yang dilakukan operator pesawat kargo tersebut.

Sebuah rekaman video yang beredar di media sosial menunjukkan salah satu roda pesawat kargo itu sempat terbakar dan mengeluarkan asap ketika pesawat berhasil naik ke udara, sebelum kemudian roda itu terjatuh ke daratan dan memantul.

Insiden itu dilaporkan terjadi di sebuah bandara di wilayah Taranto, Italia, dengan video yang beredar di media sosial menunjukkan momen itu direkam pada Selasa (11/10) waktu setempat.

Seperti dilansir Simple Flying dan Airways Magazine, Rabu (12/10/2022), pihak Boeing dalam pernyataan kepada Simple Flying membenarkan bahwa pesawat kargo itu kehilangan satu rodanya saat lepas landas di Italia. Boeing juga menyatakan pesawat itu mendarat dengan selamat di Charleston, Amerika Serikat (AS).

"Sebuah penerbangan kargo Dreamlifter yang dioperasikan Atlas Air mendarat dengan selamat hari ini di Bandara Internasional Charleston, setelah kehilangan sebuah roda rakitan pada perangkat pendaratannya saat lepas landas dari Bandara Taranto-Grottaglie di Italia pagi ini," demikian pernyataan Boeing.

"Kami akan mendukung penyelidikan operator kami," tegas Boeing dalam pernyataannya.

Pesawat yang kehilangan salah satu rodanya itu diidentifikasi sebagai jenis Boeing 747-400 Large Cargo Freighter, atau yang biasa disebut Dreamlifter. Laporan media lokal menyebut satu roda pesawat yang jatuh itu memiliki berat 100 kilogram saat lepas landas dari Bandara Taranto.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT