Terekam Kamera, Roda Pesawat Boeing 747 Copot Saat Lepas Landas!

ADVERTISEMENT

Terekam Kamera, Roda Pesawat Boeing 747 Copot Saat Lepas Landas!

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 12 Okt 2022 09:58 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto/Bahadur Ali)
Roma -

Sebuah momen mengejutkan terjadi di Italia ketika salah satu roda pesawat Boeing 747 terlepas saat lepas landas tengah berlangsung. Momen itu terekam kamera dengan video yang beredar menunjukkan roda pesawat terjatuh dari udara ke daratan saat pesawat berhasil naik ke ketinggian.

Seperti dilansir The Sun, Rabu (12/10/2022), momen tak biasa itu dilaporkan terjadi di sebuah bandara di wilayah Taranto, Italia. Video yang beredar di media sosial menunjukkan momen itu direkam pada Selasa (11/10) waktu setempat.

Rekaman video itu menunjukkan salah satu roda pesawat sempat terbakar dan mengeluarkan asap saat pesawat berhasil naik ke udara, sebelum roda itu terjatuh ke daratan dan memantul.

"Boeing 747-400 Dreamlifter mendapati salah satu rodanya terbakar dan kehilangan rodanya setelah lepas landas," demikian keterangan dalam postingan Twitter akun @aero_in yang memposting rekaman video tersebut.

Laporan aviationsourcenews.com menyebutkan bahwa pesawat jenis Boeing 747 Dreamlifter itu dioperasikan oleh maskapai Atlas Air, dengan nomor penerbangan 5Y4231. Disebutkan bahwa pesawat itu berada di Taranto untuk mengangkut komponen pesawat 787 Dreamliner.

Sementara laporan media lokal menyebut roda yang jatuh itu telah ditemukan di area landasan bandara, tak jauh dari lokasinya terjatuh. Bahkan foto roda pesawat yang diselimuti dedaunan dan rumput itu diposting ke Twitter.

Akun Twitter milik pelacak penerbangan @flightradar24 juga turut me-retweet rekaman video insiden di Italia tersebut.

Dalam laporannya, Flightradar24 melaporkan pesawat Boeing yang kehilangan salah satu rodanya itu terbang menuju fasilitas Boeing di Charleston, Amerika Serikat (AS) dan berhasil mendarat dengan selamat. Akun Twitter milik Flightradar24 bahkan melaporkan proses pendaratan pesawat itu di Charleston.

"#5Y4231 Dreamlifter mendarat dengan selamat di Charleston," tulis @flightradar24 dalam laporannya, sembari menekankan bahwa meskipun kurang optimal, pesawat masih bisa mendarat dengan selamat tanpa roda.

Lihat juga Video: Mesin Boeing 747 Terbakar di Udara, Puing Jatuh Sebabkan 2 Orang Luka!

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/zap)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT