Putin Ulang Tahun ke-70 di Tengah Perang Rusia-Ukraina

ADVERTISEMENT

Putin Ulang Tahun ke-70 di Tengah Perang Rusia-Ukraina

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 07 Okt 2022 16:14 WIB
Doyan Porsi Besar! Ini 7 Kebiasan Makan Vladimir Putin yang Unik
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Semi MD)
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin berulang tahun yang ke-70 pada Jumat (7/10). Kepala Gereja Ortodoks Rusia, Patriark Kirill mengatakan bahwa pemerintahan Putin atas Rusia telah diamanatkan oleh Tuhan.

"Tuhan menempatkan Anda dalam kekuasaan sehingga Anda dapat melakukan layanan yang sangat penting dan tanggung jawab besar untuk nasib negara dan orang-orang yang dipercayakan kepada Anda," kata Kirill dalam ucapan selamat ulang tahunnya untuk Putin, seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (7/10/2022).

Kirill memuji Putin karena telah "mengubah citra Rusia, memperkuat kedaulatan dan kemampuan pertahanan, melindungi kepentingan nasional Rusia."

Kirill pun mendoakan "kesehatan dan umur panjang" untuk presiden Rusia yang telah berkuasa selama lebih dari 20 tahun itu.

Dia juga meminta para jemaat di seluruh negeri untuk berdoa bagi kesehatan Putin.

Media The Moscow Times melaporkan, dalam beberapa tahun terakhir, Putin merayakan ultahnya dengan melakukan perjalanan ke luar negeri, hiking di Siberia bersama Menteri Pertahanan Sergei Shoigu atau ikut bermain dalam permainan hoki selebriti.

Namun, kali ini, Putin akan menghabiskan hari ulang tahunnya di tempat kerja, menghadiri pertemuan di St. Petersburg dengan para kepala negara dari blok politik yang dipimpin Rusia.

Satu-satunya perayaan ulang tahun utama untuk Putin tampaknya akan berlangsung di republik Kaukasus Utara, Chechnya.

Sebabnya, pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov telah menjanjikan "acara besar," termasuk pacuan kuda dan upacara pembukaan pusat pelatihan judo yang dinamai Putin, yang dikenal sebagai penggemar seni bela diri.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT