Apa itu Rudal Balistik yang Diluncurkan Korea Utara ke Jepang?

ADVERTISEMENT

Apa itu Rudal Balistik yang Diluncurkan Korea Utara ke Jepang?

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 17:43 WIB
Apa itu Rudal Balistik yang Diluncurkan Korea Utara ke Jepang?
Apa itu Rudal Balistik yang Diluncurkan Korea Utara ke Jepang? | Foto: AP/Lee Jin-man
Jakarta -

Apa itu rudal balistik yang diluncurkan Korea Utara ke arah Jepang? Korea Utara melepaskan rudal balistik ke arah wilayah Jepang. Pemerintah Jepang memperingatkan penduduk untuk evakuasi ke tempat penampungan.

Dilansir AFP, Selasa (4/10/2022) pada Senin pukul 07.29 waktu setempat, sistem peringatan rudal negara Jepang diaktifkan. "Korea Utara tampaknya telah meluncurkan rudal. Harap evakuasi ke gedung atau bawah tanah," bunyi peringatan itu.

Peluncuran rudal balistik oleh Korea Utara (Korut) ini bukan kali pertama. Diberitakan sebelumnya, Korut menembak dua rudal balistik pada Sabtu (1/10), peluncuran keempat yang dilakukan negara bersenjata nuklir itu dalam pekan lalu.

Lantas, apa itu rudal balistik? Bagaimana respon Jepang soal peluncuran rudal balistik oleh Korea Utara ke wilayahnya? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Apa itu Rudal Balistik?

Rudal balistik adalah sarana untuk mengirimkan muatan mematikan ke target dengan cepat dan akurat. Muatan rudal balistik mematikan dapat mencakup bahan peledak konvensional, hulu ledak biologis, kimia atau nuklir, seperti dilansir Missile Defense Advocacy Alliance (MDAA).

Seperti dilansir RAND Corporation, rudal balistik adalah kendaraan berpeluncur roket jarak pendek, menengah, dan jauh yang mengirimkan senjata nuklir atau konvensional. Potensi penggunaan rudal balistik adalah untuk peperangan dan terorisme, kemungkinan penggunaannya oleh kombatan, kemungkinan strategi pertahanan, dan ancaman yang muncul terhadap lingkungan keamanan global.

Rudal Balistik Korea Utara

Korea Utara dikenal sebagai negara bersenjata nuklir. Seperti dilansir BBC, untuk tahun ini Korea Utara telah melakukan lebih dari 30 uji coba rudal, termasuk rudal balistik, rudal jelajah dan rudal hipersonik.

Rudal balistik yang telah diuji Korea Utara termasuk Hwasong-14. Rudal balistik ini memiliki jangkauan 8,000 km. Meskipun beberapa penelitian telah menyatakan rudal balistik bisa melakukan perjalanan sejauh 10,000 km.

Apa itu Rudal Balistik yang Diluncurkan Korea Utara ke Jepang?Apa itu Rudal Balistik yang Diluncurkan Korea Utara ke Jepang? | Foto: AP/Lee Jin-man

Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik ke Arah Jepang

Korea Utara melepaskan rudal balistik ke arah Jepang. Terkait hal ini, pemerintah Jepang pun memberikan peringatan kepada penduduk untuk evakuasi ke tempat penampungan.

Dilansir AFP, Selasa (4/10/2022) pada Senin pukul 07.29 waktu setempat, sistem peringatan rudal negara itu diaktifkan, dengan layar yang menunjukkan penyiar nasional NHK beralih ke pesan peringatan.

"Korea Utara tampaknya telah meluncurkan rudal. Harap evakuasi ke gedung atau bawah tanah," bunyi peringatan itu.

NHK mengatakan peringatan itu berlaku untuk dua wilayah utara Jepang.

Sekitar pukul 8.00 pagi waktu setempat, kantor perdana menteri kemudian menyampaikan lewat Twitter, bahwa "Proyektil yang tampaknya seperti rudal balistik Korea Utara kemungkinan telah terbang di atas Jepang,".

Sementara itu dalam sebuah pernyataan, penjaga pantai Jepang mengatakan rudal balistik Korea Utara tampaknya telah mendarat di laut. Penjaga pantai juga memperingatkan kapal untuk tidak mendekati benda jatuh.

Respon Jepang soal Rudal Balistik Korea Utara

Pemerintah Jepang dengan geram mengutuk peluncuran rudal balistik Korea Utara (Korut) yang diyakini telah terbang di atas negara itu. Perdana Menteri Fumio Kishida mengutuk keras terkait hal ini. Kishida menyebut rudal balistik yang diyakini melewati negaranya merupakan bentuk tindakan kekerasan.

"Sebuah rudal balistik diyakini telah melewati negara kita dan jatuh di Samudra Pasifik. Ini adalah tindakan kekerasan menyusul peluncuran rudal balistik baru-baru ini. Kami mengutuk keras ini," tegas Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida kepada wartawan, seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (10/4/2022).

Demikian penjelasan tentang apa itu rudal balistik yang terbaru ini diluncurkan oleh Korea Utara ke arah wilayah Jepang.

Simak Video 'Pyongyang Luncurkan 2 Rudalnya ke Arah Jepang':

[Gambas:Video 20detik]



(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT