Korea Utara Tembak Rudal Balistik ke Arah Jepang

ADVERTISEMENT

Korea Utara Tembak Rudal Balistik ke Arah Jepang

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 08:10 WIB
Iran conducts multiple ballistic missile tests in what it said is a display of “deterrent power,” defying US sanctions aimed at disrupting its missile program. (File/AFP)
Ilustrasi Rudal (Foto: AFP/Photo File)
Jakarta -

Korea Utara melepaskan rudal balistik ke arah Jepang. Pemerintah Jepang memperingatkan penduduk untuk evakuasi ke tempat penampungan.

Dilansir dari AFP, Selasa (4/10/2022) pada 07.29 Senin waktu setempat, sistem peringatan rudal negara itu diaktifkan, dengan layar yang menunjukkan penyiar nasional NHK beralih ke pesan peringatan.

"Korea Utara tampaknya telah meluncurkan rudal. Harap evakuasi ke gedung atau bawah tanah," bunyi peringatan itu.

NHK mengatakan peringatan itu berlaku untuk dua wilayah utara Jepang.

Sekitar pukul 8.00 pagi waktu setempat, kantor perdana menteri kemudian menyampaikan lewat Twitter, bahwa "Proyektil yang tampaknya seperti rudal balistik Korea Utara kemungkinan telah terbang di atas Jepang,".

Sementara itu dalam sebuah pernyataan, penjaga pantai Jepang mengatakan rudal itu tampaknya telah mendarat di laut. Penjaga pantai juga memperingatkan kapal untuk tidak mendekati benda jatuh.

Perdana Menteri Fumio Kishida mengutuk keras terkait hal ini. Kishida menyebut rudal balistik yang diyakini melewati negaranya merupakan bentuk tindakan kekerasan.

"Sebuah rudal balistik diyakini telah melewati negara kami dan jatuh di Samudra Pasifik. Ini adalah tindakan kekerasan menyusul peluncuran rudal balistik baru-baru ini. Kami mengutuk keras ini," kata Kishida kepada wartawan.

Simak juga Video: Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik Setelah Kapal Induk AS Tiba di Korea Selatan

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT