Gembong Al-Shabaab Tewas dalam Serangan Drone di Somalia

ADVERTISEMENT

Gembong Al-Shabaab Tewas dalam Serangan Drone di Somalia

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 17:09 WIB
Ilustrasi drone tanpa awak
ilustrasi drone (Foto: AFP/Photo)
Jakarta -

Pemerintah Somalia mengumumkan bahwa seorang gembong militan Al-Shabaab, yang kepalanya dihargai US$ 3 juta, telah tewas dalam serangan udara gabungan di Somalia.

Dilansir kantor berita AFP, Senin (3/10/2022), Kementerian Informasi Somalia menyatakan serangan drone atau pesawat tak berawak pada 1 Oktober tersebut, menewaskan Abdullahi Yare di dekat kota pesisir Haramka. Serangan udara itu diluncurkan oleh militer Somalia dan mitra-mitra keamanan internasional.

"Pemimpin ini... adalah kepala pengkhotbah dari kelompok itu dan salah satu anggota kelompok Al-Shabab yang paling terkenal," kata Kementerian Informasi Somalia pada Senin (3/10/2022).

"Dia adalah mantan kepala dewan Syura dan direktur keuangan kelompok itu," kata kementerian itu, merujuk pada badan konsultasi yang kuat di dalam Al-Shabaab.

Kementerian menyebut bahwa sebagai salah satu pendiri kelompok yang terkait dengan Al-Qaeda itu, Yare diyakini berada di urutan berikutnya untuk mengambil alih kepemimpinan kelompok dari ketuanya yang sakit, Ahmed Diriye.

"Kematiannya seperti duri yang dicabut dari Somalia sebagai sebuah bangsa," kata kementerian itu.

Yare adalah salah satu dari tujuh pemimpin yang oleh Amerika Serikat dimasukkan dalam daftar paling dicari pada tahun 2012. Washington menawarkan hadiah US$ tiga juta untuk penangkapannya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT