ADVERTISEMENT

9 Presiden Negara NATO Kompak Dukung Keanggotaan Ukraina!

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 09:18 WIB
Ukraines President Volodymyr Zelenskiy stands at Independence Square as he congratulates Ukrainians on Independence Day, amid Russias attack on Ukraine, in Kyiv, Ukraine, in this handout picture released August 24, 2022. Ukrainian Presidential Press Service/Handout via REUTERS
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (dok. Ukrainian Presidential Press Service/Handout via REUTERS)
Kiev -

Para presiden dari sembilan negara anggota aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) kompak menyatakan dukungan untuk keanggotaan Ukraina. Presiden Volodymyr Zelensky menyatakan, pekan lalu, negaranya resmi mendaftar menjadi anggota NATO 'di bawah prosedur yang dipercepat'.

Seperti dilansir CNN, Senin (3/10/2022), dukungan keanggotaan Ukraina itu disampaikan para Presiden dari sembilan negara anggota NATO dalam pernyataan gabungan yang dirilis Minggu (2/10) waktu setempat. Keanggotaan NATO didaftarkan Ukraina pada Jumat (30/9) usai Rusia mencaplok empat wilayahnya.

Dalam pernyataan gabungan itu, Presiden dari sembilan negara anggota NATO mengecam aneksasi empat wilayah Ukraina -- Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia dan Kherson -- oleh Rusia dan menyerukan NATO untuk secara signifikan meningkatkan bantuan militer bagi Ukraina.

Pernyataan gabungan itu menegaskan bahwa para pemimpin negara-negara anggota NATO itu 'telah mengunjungi Kiev selama perang dan menyaksikan dengan mata mereka sendiri dampak agresi Rusia'.

"Kami menegaskan kembali dukungan kami untuk kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina. Kami tidak mengakui dan tidak akan pernah mengakui upaya Rusia untuk menganeksasi setiap wilayah Ukraina mana pun," tegas pernyataan gabungan para Presiden dari sembilan negara NATO tersebut.

Para Presiden dari Republik Ceko, Estonia, Latvia, Lithuania, Makedonia Utara, Montenegro, Polandia, Slovakia dan Rumania menyatakan dukungan teguh untuk 'keputusan KTT NATO di Bucharest tahun 2008 terkait keanggotaan Ukraina di masa depan dalam aliansi tersebut'.

"Kami mendukung Ukraina dalam pertahanan melawan invasi Rusia, menuntut Rusia untuk segera menarik diri dari seluruh wilayah yang diduduki dan mendorong semua sekutu untuk meningkatkan bantuan militer mereka ke Ukraina," imbuh pernyataan tersebut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT