36 Orang Tewas di India Akibat Hujan Deras-Tersambar Petir

ADVERTISEMENT

36 Orang Tewas di India Akibat Hujan Deras-Tersambar Petir

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 24 Sep 2022 16:29 WIB
Commuters make their way along a road during a heavy rainfall in Amritsar on September 23, 2022. (Photo by Narinder NANU / AFP)
Ilustrasi -- Musim penghujan di India (dok. AFP/NARINDER NANU)
New Delhi -

Cuaca buruk yang berbahaya menewaskan sedikitnya 36 orang di wilayah India bagian utara dalam waktu 24 jam terakhir. Hujan deras diperkirakan masih akan mengguyur India dalam beberapa hari ke depan.

Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (24/9/2022), otoritas setempat menyebut 12 orang di antaranya tewas setelah tersambar petir. Sedangkan 24 orang lainnya, sebut pejabat wilayah Uttar Pradesh, Ranvir Prasad, tewas setelah rumah mereka ambruk di tengah hujan deras yang terus mengguyur.

Salah satu korban tewas diidentifikasi sebagai Mohamed Usman yang masih berusia 15 tahun. Usman disebut tengah berada di atap rumah temannya di kota Prayagraj, ketika petir menyambar pada Jumat (23/9) malam waktu setempat, dan langsung menewaskannya.

Teman Usman, Aznan, juga terkena sambaran petir hingga luka-luka dan kini dirawat di rumah sakit setempat.

"Begitu mereka menginjakkan kaki di atap, mereka terkena sambaran petir dan anak saya meninggal," tutur ayahanda Usman, Mohammad Ayub.

Tidak dijelaskan lebih lanjut mengapa Usman dan temannya berada di atap rumah saat cuaca buruk.

Otoritas Uttar Pradesh menyatakan total 39 orang tewas akibat tersambar petir dalam lima hari terakhir. Situasi itu mendorong pemerintah setempat untuk merilis panduan baru bagi warganya soal cara-cara melindungi diri selama badai petir melanda.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT