Ups! Presiden Korsel Kedapatan Mengumpat Usai Bertemu Biden

ADVERTISEMENT

Ups! Presiden Korsel Kedapatan Mengumpat Usai Bertemu Biden

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 15:00 WIB
Yoon Suk Yeol, President of South Korea, addresses the 77th session of the General Assembly at United Nations headquarters, Tuesday, Sept. 20, 2022. (AP Photo/Seth Wenig)
Presiden Korsel Yoon Suk-yeol (AP Photo/Seth Wenig)

Dalam video yang dipublikasikan televisi terkemuka Korsel, MBC, pada akun YouTube-nya, Yoon terlihat berjalan di panggung usai berbincang dengan Biden sebelum beralih ke ajudannya dan melontarkan komentar dengan umpatan itu.

Komentar itu tampaknya merujuk pada Kongres AS, di mana upaya Biden untuk meningkatkan pendanaan bagi Global Fund membutuhkan persetujuan Kongres. Global Fund sendiri merupakan organisasi internasional yang berupaya memerangi HIV, tuberkulosis, dan malaria di seluruh negara berkembang.

Oposisi Mengkritik Yoon, Kantor Kepresidenan Korsel Membela

Kritikan dari oposisi pemerintahan Korsel menghujani Yoon terkait insiden itu. "Bahasa kotor yang menodai Kongres AS memicu kemalangan diplomatik besar," sebut pemimpin oposisi Partai Demokratik Korsel, Park Hong-keun.

"Bencana diplomatik berulang di bawah pemerintahan Yoon Suk-yeol dan ini disebabkan oleh inkompetensi diplomatik berulang dari Presiden," demikian pernyataan gabungan sejumlah anggota oposisi Partai Liberal.

Pembelaan pun disampaikan oleh kantor kepresidenan Korsel menanggapi hujan kritikan terhadap Yoon terkait insiden itu. Dalam pernyataan kepada wartawan setempat, juru bicara kantor kepresidenan Korsel menyebut pernyataan Yoon itu sebagai 'komentar pribadi'.

"Tidak pantas untuk menghubungkan komentar pribadi dengan hasil diplomatik," sebut juru bicara kantor kepresidenan Korsel dalam pembelaannya, seperti dilansir CNN.

Pejabat itu juga menyatakan 'sangat disesalkan' bahwa Yoon dikritik saat mengikuti 'jadwal yang berat demi keuntungan kepentingan nasional'.


(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT