ADVERTISEMENT

17 Hari Hilang Usai Gempa, Pekerja China Ditemukan Selamat!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 22 Sep 2022 14:55 WIB
LUDING, CHINA - SEPTEMBER 05: Rescuers transfer injured and trapped residents from Mozigou village on September 5, 2022 in Luding County, Garze Tibetan Autonomous Prefecture, Sichuan Province of China. A 6.8-magnitude earthquake jolted Luding county in Southwest Chinas Sichuan province on Monday, killing at least 46 people. (Photo by VCG/VCG via Getty Images)
tim penyelamat China usai gempa di Sinchuan Foto: VCG via Getty Images/VCG
Jakarta -

Ajaib! Seorang pekerja China yang menolong rekan-rekannya yang terluka setelah gempa bumi, dan kemudian tersesat di pegunungan, berhasil diselamatkan 17 hari kemudian!

Gempa dengan Magnitudo (M) 6,6 melanda provinsi Sichuan, China barat daya, awal bulan ini, menewaskan sedikitnya 93 orang. Gempa tersebut juga menyebabkan ribuan orang mengungsi ke kamp-kamp sementara.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (22/9/2022), Gan Yu, seorang karyawan di pembangkit listrik tenaga air Wandong di Sichuan, ditemukan hidup tetapi terluka pada hari Rabu (21/9) oleh seorang warga desa setempat, kata Radio Nasional China (CNR), menyebut hal itu sebagai "keajaiban hidup".

Gan sedang bertugas dengan rekan kerjanya Luo Yong pada tanggal 5 September ketika gempa mengguncang. Keduanya berada di sana untuk memberikan pertolongan pertama kepada rekan-rekannya yang terluka dan mencegah banjir dengan melepaskan air dari bendungan. Setelah itu mereka berusaha untuk meninggalkan pembangkit listrik yang terpencil itu, dengan berjalan sekitar 20 kilometer (12 mil).

Namun Gan -- yang memiliki rabun jauh -- telah kehilangan kacamatanya selama gempa dan berjuang untuk menavigasi daerah pegunungan, kata CNR.

Kedua pria itu berusaha mati-matian untuk memberi sinyal kepada tim penyelamat yang jauh untuk meminta bantuan.

"Kami melepas pakaian kami, menggantungnya di cabang pohon dan melambaikannya," kata Luo kepada CNR.

Mereka akhirnya memutuskan bahwa Gan harus tetap tinggal sementara Luo pergi mencari bantuan.

Luo ditemukan oleh tim penyelamat pada 8 September setelah menggunakan api untuk menarik perhatian helikopter. Namun, saat tempat penampungan sementara Gan ditemukan pada 11 September, pria itu telah menghilang.

Para penyelamat khawatir Gan telah meninggal karena hipotermia.

Simak video 'Detik-detik Mencekam Gempa Magnitudo 6,8 di China':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT