ADVERTISEMENT

Biden: Rusia Tebar Kebohongan, Salahkan Sanksi Barat Penyebab Krisis Pangan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 22 Sep 2022 04:28 WIB
New York -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyalahkan Rusia atas krisis pangan global. Biden juga menuduh Rusia menyebarkan kebohongan karena menyebut krisis pangan terjadi akibat sanksi Barat di tengah perang dengan Ukraina.

"Rusia sedang menyebarkan kebohongan, mencoba untuk menyalahkan krisis-krisis pangan atas sanksi yang dijatuhkan oleh banyak orang di dunia atas agresi terhadap Ukraina," kata Biden di Majelis Umum PBB di New York, seperti dilansir CNN, Kamis (22/9/2022).

Biden lantas menjelaskan terkait sanksi yang diberikan kepada Rusia. Dia mengatakan sanksi itu masih tetap mengizinkan Rusia untuk mengekspor makanan dan pupuk.

"Jadi izinkan saya menjelaskan sesuatu: Sanksi kami secara eksplisit mengizinkan, secara eksplisit mengizinkan, Rusia kemampuan untuk mengekspor makanan dan pupuk. Tidak ada batasan," katanya.

Lebih lanjut, Biden mengatakan perang Rusia telah memperparah krisis pangan. Menurut Biden, hanya Rusia yang bisa mengakhiri krisis pangan itu.

"Perang Rusia yang memperburuk kerawanan pangan, dan hanya Rusia yang bisa mengakhirinya," tambah Biden.

Selain itu, Biden memuji PBB karena membantu menengahi kesepakatan ekspor gandum dengan Ukraina dan Rusia. Biden mendorong perpanjangan kesepakatan itu.

Biden mengatakan sebanyak 193 juta orang di seluruh dunia mengalami kerawanan pangan akut. Angka itu melonjak tahun ini.

"Melonjak 40 juta dalam setahun," tutur dia.

Dalam kesempatan itu Biden juga mengumumkan sebanyak $ 2,9 miliar dukungan dari AS untuk bantuan kemanusiaan dan makanan.

(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT