ADVERTISEMENT

Laporan dari New York

Biden Langsung Kecam Putin di Sidang PBB: Tak Ada yang Ancam Rusia!

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Rabu, 21 Sep 2022 23:12 WIB
Presiden AS Joe Biden langsung menyinggung perang di Ukraina dan ancaman terbaru Presiden Rusia Vladimir Putin saat menyampaikan pidato di Sesi Debat Umum PBB. (Gibran Maulana/detikcom)
Foto: Presiden AS Joe Biden langsung menyinggung perang di Ukraina dan ancaman terbaru Presiden Rusia Vladimir Putin saat menyampaikan pidato di Sesi Debat Umum PBB. (Gibran Maulana/detikcom)
New York -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden langsung menyinggung perang di Ukraina dan ancaman terbaru Presiden Rusia Vladimir Putin. Biden mengecam langkah Rusia yang menghadirkan konflik berkepanjangan.

Hal itu disampaikan Biden saat menyampaikan pidato di Sesi Debat Umum PBB yang berlangsung di Markas PBB, New York, Amerika Serikat, Rabu (21/9/2022). Biden langsung melontarkan pandangannya tentang perang Ukraina sesaat berada di mimbar pidato.

"Presiden Putin terang-terangan telah membuat ancaman nuklir terhadap Eropa dan secara sembrono telah mengabaikan tanggung jawab," kata Biden.

"Sekarang Rusia memanggil lebih banyak tentara untuk bergabung dalam pertempuran dan Kremlin telah mengorganisir referendum palsu untuk mencaplok wilayah Ukraina, pelanggaran signifikan terhadap Piagam PBB," katanya.

Putin menyebut tidak ada yang mengancam Rusia. Menurut Biden, Rusialah yang mencari-cari konflik.

"Tidak ada yang mengancam Rusia dan tidak ada satupun selain Rusia yang mencari konflik," katanya.

Biden mengungkit dukungan-dukungan AS untuk Ukraina. Dia juga meminta anggota PBB bersatu menentang perang yang diciptakan Rusia. Dia juga menyebut perang ini dipilih oleh satu orang saja.

Diketahui, invasi Rusia ke Ukraina memasuki bulan ke-7. Invasi dilakukan para 24 Februari lalu.

Banyak pihak yang berharap perang kedua negara berakhir. Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), bahkan sempat menemui Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky agar perang segera berakhir.

(gbr/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT