ADVERTISEMENT

Pesan Tegas China ke Taiwan: Tanah Air Harus Dipersatukan Kembali!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 21 Sep 2022 12:45 WIB
Ilustrasi bendera China/ebcitizen.com
Foto: Internet/ebcitizen.com
Jakarta -

China bersedia melakukan upaya maksimal untuk mengupayakan "penyatuan kembali" secara damai dengan Taiwan. Demikian disampaikan juru bicara pemerintah China pada Rabu (21/9), setelah berminggu-minggu manuver militer dan latihan perang China di dekat pulau itu.

Diketahui bahwa China mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri. Namun, pemerintah Taiwan menolak klaim kedaulatan China dan mengatakan hanya penduduk pulau itu yang dapat memutuskan masa depan mereka.

China telah melakukan latihan militer di dekat Taiwan sejak awal bulan lalu setelah Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi mengunjungi Taipei. Latihan militer China tersebut termasuk menembakkan rudal ke perairan dekat Taiwan.

Dilansir dari kantor berita Reuters, Rabu (21/9/2022), Ma Xiaoguang, juru bicara Kantor Urusan Taiwan China, mengatakan pada konferensi pers di Beijing, bahwa China bersedia melakukan upaya maksimal untuk mencapai "penyatuan kembali" secara damai.

"Tanah air harus dipersatukan kembali dan pasti akan dipersatukan kembali," kata Ma. Tekad China untuk melindungi wilayahnya tidak tergoyahkan, tambahnya.

China sebelumnya telah mengusulkan model "satu negara, dua sistem" untuk Taiwan, mirip dengan formula di mana Hong Kong, bekas jajahan Inggris, kembali ke pemerintahan China pada 1997.

Simak juga 'Saat Militer Taiwan Gelar Latihan, Waspadai Serangan China':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT