ADVERTISEMENT

Update Korban Gempa M 7,7 di Meksiko: 2 Orang Tewas, 9 Terluka

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 23:45 WIB
Manzanillo -

Korban tewas akibat gempa berkekuatan magnitudo (M) 7,7 di Meksiko bertambah. Ada dua orang tewas dan sembilan orang lainnya luka-luka akibat insiden tersebut.

Seperti dilansir AFP, Selasa (20/9/2022), korban meninggal merupakan seorang wanita dan seorang pria. Korban wanita tewas tertimpa tembok yang runtuh di negara bagian barat Colima.

"Seorang wanita tewas karena luka-luka yang disebabkan oleh tembok yang runtuh di Manzanillo di negara bagian barat Colima," kata koordinator nasional pertahanan sipil Laura Velazquez.

Sementara, korban pria tewas setelah tertimpa puing-puing di sebuah pusat perbelanjaan di kota yang sama akibat gempa Senin (19/9). Guncangan gempa membuat gedung-gedung di Mexico City bergoyang.

Selain itu, ada sembilan orang yang terluka di Colima. 150 unit rumah dan bangunan lainnya juga dilaporkan mengalami kerusakan akibat gempa.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan beruntung jumlah korban tewas tidak lebih tinggi.

"Itu adalah getaran dengan intensitas yang cukup besar," katanya.

Berdasarkan laporan, pusat gempa terletak di dekat pantai Pasifik, sekitar 400 kilometer (250 mil) barat ibukota dan 59 kilometer selatan Coalcoman di negara bagian Michoacan, menurut seismolog. Gempa dilaporkan terjadi pada kedalaman 15 kilometer.

Badan Seismologi Nasional Meksiko melaporkan ratusan gempa susulan terjadi dengan kekuatan yang paling kuat adalah magnitudo 5,8. Gempa terjadi kurang dari 1 jam setelah jutaan orang di Mexico City berpartisipasi dalam latihan darurat pada peringatan dua bencana sebelumnya.

(maa/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT