Gempa Bumi di Meksiko: Kekuatan, Lokasi, Hingga Data Korban

ADVERTISEMENT

Gempa Bumi di Meksiko: Kekuatan, Lokasi, Hingga Data Korban

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 12:14 WIB
Gempa bumi di Meksiko terjadi pada Senin (19/9/2022) waktu setempat dengan kekuatan yang cukup besar. Peringatan tsunami juga muncul setelah gempa tersebut.
Ilustrasi Gempa Bumi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Petrovich9)
Jakarta -

Gempa bumi di Meksiko terjadi pada Senin (19/9/2022) waktu setempat dengan kekuatan yang cukup besar. Peringatan tsunami juga muncul setelah gempa mengguncang Meksiko tersebut.

Satu orang dilaporkan tewas akibat gempa Meksiko tanggal 19 September 2022. Berikut informasi selengkapnya soal gempa bumi Meksiko.

Kekuatan Gempa Bumi di Meksiko

Dilansir CNN, gempa berkekuatan M 7,7 mengguncang Meksiko, pada Senin (19/9/2022). Pihak US Geological Survey (USGS) melaporkan jika magnitudo gempa awalnya 7,6. Namun, besaran gempa diperbarui menjadi 7,7.

Sementara itu, Badan Seismologi Nasional Meksiko melaporkan jika besaran gempa Meksiko tersebut adalah M 7,4 dengan kedalaman 15 kilometer (sembilan mil).

Gempa bumi di Meksiko terjadi pada Senin (19/9/2022) waktu setempat dengan kekuatan yang cukup besar. Peringatan tsunami juga muncul setelah gempa tersebut.Gempa bumi di Meksiko terjadi pada Senin (19/9/2022) waktu setempat dengan kekuatan yang cukup besar. Peringatan tsunami juga muncul setelah gempa tersebut. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)

Daerah yang Merasakan Gempa Meksiko

Gempa di Meksiko terjadi tepatnya di wilayah jarang penduduk, yakni bagian Michoacan yang dekat dengan garis pantai. Selain itu, di daerah Colima yang 100 km dari pusat gempa, terasa goncangan sangat kuat dan menimbulkan kerusakan sedang.

Di Mexico City yang kira-kira 500 km jauhnya dari pusat gempa, guncangan ringan hingga sedang terasa hingga menyebabkan kerusakan yang sangat ringan, terutama pada struktur bangunan yang rentan.

Gempa Bumi Meksiko: 1 Orang Tewas

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obradir mengatakan lewat akun Twitternya jika ada satu korban tewas akibat guncangan gempa di Meksiko. Korban tewas akibat tertiban puing-puing yang jatuh di Manzanillo, negara bagian barat Colima, Meksiko.

Muncul Peringatan Tsunami

Setelah gempa di Meksiko, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan bahwa gelombang tsunami yang mencapai hingga 3 meter dapat menghantam Meksiko. Gelombang tsunami awal kemungkinan terjadi di lokasi pantai, seperti Manzanillo dan Acapulco, dan juga dapat menyerang hotspot wisata Puerto Vallarta.

Selain itu, gelombang tsunami kurang dari 0,3 meter juga dapat terjadi di sepanjang pantai dengan lokasi seperti berikut:

  • Pasifik Kolombia
  • Kosta Rika
  • Ekuador
  • El Salvador
  • Guatemala
  • Honduras
  • Nikaragua
  • Panama
  • Peru.

Gempa Meksiko 19 September 2022: Alarm Gempa Berbunyi, Warga Berlarian ke Jalan

Alarm penanda gempa bumi di Meksiko berbunyi kurang dari satu jam. Alarm berbunyi setelah kegiatan latihan darurat sebagai bagian dari acara peringatan bencana di Meksiko tahun 1985 dan 2017.

Ribuan orang juga lari berhamburan ke jalan demi menyelamatkan diri saat gempa bumi di Meksiko terjadi.

"Rasanya mengerikan," kata Karina Suarez (37), dikutip detikcom, Selasa (20/9/2022).

"Kupikir aku akan terkena serangan jantung!" ungkap salah seorang warga Meksiko, Gabriela Ramirez (58).

Simak Video 'Meksiko Diguncang Gempa M 7,6, Warga Berhamburan!':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT