Memilukan! Satu Orang Mati Kelaparan Tiap 4 Detik

ADVERTISEMENT

Memilukan! Satu Orang Mati Kelaparan Tiap 4 Detik

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 17:54 WIB
Amina Hassan Aden sits with her children Yonis Saleban, 1, Abdulahi Saleban, 3, and Isnino Saleban, 9, inside their makeshift shelter at the Kaxareey camp for the internally displaced people in Dollow, Gedo region of Somalia May 24, 2022. Picture taken May 24, 2022. REUTERS/Feisal Omar
kondisi warga di Somalia (Foto: REUTERS/FEISAL OMAR)
Jakarta -

Memilukan! Satu orang di dunia diperkirakan mati kelaparan setiap empat detik. Demikian disampaikan lebih dari 200 organisasi pada Selasa (20/9), mendesak tindakan internasional yang tegas untuk "mengakhiri krisis kelaparan global yang meningkat".

Dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (20/9/2022), dalam sebuah surat terbuka yang ditujukan kepada para pemimpin dunia yang berkumpul di New York untuk Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), 238 NGO dari 75 negara, termasuk Oxfam, Save the Children dan Plan International menyatakan kemarahannya atas melonjaknya tingkat kelaparan.

"Sebanyak 345 juta orang sekarang mengalami kelaparan akut, jumlah yang meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 2019," kata organisasi-organisasi tersebut dalam sebuah pernyataan bersama.

"Meskipun ada janji dari para pemimpin dunia untuk tidak membiarkan kelaparan lagi di abad ke-21, kelaparan kembali akan terjadi di Somalia. Di seluruh dunia, 50 juta orang berada di ambang kelaparan di 45 negara," kata mereka.

Menyebut bahwa sebanyak 19.700 orang diperkirakan mati kelaparan setiap hari, ratusan NGO tersebut mengatakan bahwa ini berarti satu orang mati kelaparan setiap empat detik.

"Sungguh buruk bahwa dengan semua teknologi pertanian dan teknik panen saat ini, kita masih berbicara tentang kelaparan di abad ke-21," tulis Mohanna Ahmed Ali Eljabaly dari Asosiasi Perawatan Keluarga Yaman, salah satu penandatangan surat itu, dalam pernyataan itu.

Lihat juga video 'Imbas Perubahan Iklim, 20 Juta Orang di Afrika Terancam Kelaparan':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT