Media Israel Klaim Pejabat Indonesia Lakukan Kunjungan Rahasia

ADVERTISEMENT

Media Israel Klaim Pejabat Indonesia Lakukan Kunjungan Rahasia

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 14:57 WIB
Incoming Israeli president Isaac Herzog gestures during a press conference at the presidents residence in Jerusalem, during a handover ceremony, on July 7, 2021. - Isaac Herzog, a veteran of Israels Labor party, was sworn in before parliament today as the Jewish states 11th president, replacing Reuvin Rivlin in the largely ceremonial post. (Photo by EMMANUEL DUNAND / AFP)
Pejabat Indonesia yang melakukan kunjungan rahasia itu dilaporkan akan bertemu Presiden Israel Isaac Herzog (dok. AFP/EMMANUEL DUNAND)
Tel Aviv -

Seorang pejabat pemerintahan Indonesia dilaporkan tengah melakukan kunjungan rahasia ke Israel. Dalam kunjungan itu, sang pejabat disebut akan bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog.

Informasi itu diungkapkan secara eksklusif oleh media lokal Israel, i24NEWS, Selasa (20/9/2022), yang mengutip seorang sumber. Belum ada tanggapan resmi dari pemerintah Indonesia terkait laporan itu.

Menurut sumber yang dikutip i24NEWS, seorang pejabat senior dari Indonesia saat ini tengah melakukan kunjungan rahasia ke Israel.

Namun laporan i24NEWS itu tidak menyebut lebih lanjut identitas pejabat senior Indonesia tersebut. Hanya disebutkan bahwa delegasi Indonesia itu akan bertemu Presiden Herzog.

Indonesia dan Israel diketahui tidak memiliki hubungan diplomatik secara resmi.

Awal tahun ini, menurut i24NEWS, seorang pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri Israel mengonfirmasi bahwa Israel dan Indonesia tengah bekerja di belakang layar menuju normalisasi hubungan, dengan Amerika Serikat (AS) sebagai mediator.

Pada Agustus lalu, delegasi investor, pakar teknologi dan perdagangan Israel disebut datang mengunjungi Indonesia. i24NEWS juga menyebut bahwa volume perdagangan langsung dan tidak langsung antara Israel dan Indonesia mencapai sekitar US$ 500 juta per tahun.

Selain Indonesia, i24NEWS juga melaporkan bahwa delegasi pemerintah Pakistan juga tengah berada di Israel. Sama seperti Indonesia, Pakistan juga tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Lihat juga video 'Turki Tetap Dukung Palestina Meski Pulihkan Hubungan dengan Israel':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT