PM Israel Akan Bertemu Erdogan di PBB Pekan Depan, Bahas Apa?

ADVERTISEMENT

PM Israel Akan Bertemu Erdogan di PBB Pekan Depan, Bahas Apa?

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Minggu, 18 Sep 2022 04:56 WIB
Prime Minister Yair Lapid at Nevatim airbase in southern Israel, September 6, 2022. (Video screenshot/GPO)
PM Israel Yair Lapid. (Video screenshot/GPO via The Times of Israel)
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Israel Yair Lapid akan bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di sela-sela Sidang Umum PBB. Rencana pertemuan kedua pemimpin itu saat hubungan antara kedua negara mencair.

Seperti dilansir AFP, Minggu (18/9/2022), kantor Lapid mengatakan Lapid akan melakukan perjalanan ke New York pada Senin (19/9) malam, menjelang pidato di Majelis Umum pada Kamis (22/9).

Sebuah sumber mengatakan pertemuan dengan Erdogan akan berlangsung pada Selasa (20/9). Hal itu terjadi ketika kepala angkatan bersenjata Israel Letnan Jenderal Aviv Kohavi mengumumkan kunjungan pertamanya ke Prancis dan Polandia untuk bertemu dengan pejabat senior di kedua negara.

Bulan lalu, Turki dan Israel mengumumkan pemulihan penuh hubungan diplomatik setelah bertahun-tahun hubungan tegang. Pada bulan Mei, Mevlut Cavusoglu menjadi menteri luar negeri Turki pertama yang mengunjungi Israel dalam 15 tahun.

Erdogan menggambarkan kunjungan ke Ankara oleh Presiden Israel Isaac Herzog pada Maret lalu sebagai "titik balik dalam hubungan kami". Hubungan mulai merenggang pada 2008, menyusul operasi militer Israel di Gaza.

Hubungan kemudian membeku pada 2010 setelah kematian 10 warga sipil menyusul serangan komando Israel di kapal Turki Mavi Marmara, bagian dari armada bantuan yang mencoba menembus blokade Israel di Gaza.

Rekonsiliasi singkat berlangsung dari 2016 hingga 2018, ketika Turki menarik duta besarnya dan mengusir Israel atas pembunuhan warga Palestina. Lebih dari 200 warga Gaza ditembak mati oleh pasukan Israel selama protes perbatasan pada 2018 dan 2019.

Lihat juga Video: PM Israel Peringatkan Warganya untuk Tak Bepergian ke Turki

[Gambas:Video 20detik]




(rfs/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT