Heli Militer Myanmar Tembaki Sekolah, 6 Anak Tewas-17 Lainnya Terluka

ADVERTISEMENT

Heli Militer Myanmar Tembaki Sekolah, 6 Anak Tewas-17 Lainnya Terluka

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 09:05 WIB
A Myanmar soldier stands near Maungdaw, north of Rakhine state, Myanmar September 27, 2017. REUTERS/Soe Zeya Tun
Ilustrasi -- Tentara Myanmar (dok. REUTERS/Soe Zeya Tun)
Naypyitaw -

Sejumlah helikopter militer Myanmar dilaporkan melepaskan tembakan ke sebuah sekolah di area Sagaing. Sedikitnya enam anak tewas dan 17 orang lainnya mengalami luka-luka akibat serangan itu.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (20/9/2022), sejumlah media lokal Myanmar, seperti Mizzima dan Irrawaddy, melaporkan bahwa sejumlah helikopter militer menembaki sebuah sekolah yang berlokasi di sebuah biara Buddha di desa Let Yet Kone, Sagaing bagian tengah.

Laporan menyebut beberapa anak tewas seketika di lokasi serangan. Sejumlah anak lainnya disebut tewas setelah tentara Myanmar masuk ke dalam desa tersebut.

Dua warga lokal, yang menolak disebut namanya karena alasan keamanan, menuturkan via telepon bahwa beberapa jenazah korban diangkut oleh militer ke sebuah kota yang berjarak 11 kilometer jauhnya dan dimakamkan di sana.

Gambar-gambar yang diposting ke media sosial menunjukkan apa yang tampak seperti kerusakan di lokasi serangan, termasuk beberapa lubang bekas peluru dan noda darah di gedung sekolah tersebut.

Reuters tidak bisa memverifikasi secara independen soal laporan itu. Serangan brutal itu dilaporkan terjadi pada Jumat (16/9) waktu setempat.

Dalam pernyataan terpisah, militer Myanmar berdalih personelnya melepaskan tembakan karena para pemberontak menggunakan gedung sekolah itu untuk menyerang pasukannya.

Simak juga 'Myanmar Tolak Kecaman Global Terkait Eksekusi 4 Aktivis Demokrasi':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT