Prosesi Pemakaman Dimulai, Jenazah Elizabeth Dibawa ke Westminster Abbey

ADVERTISEMENT

Prosesi Pemakaman Dimulai, Jenazah Elizabeth Dibawa ke Westminster Abbey

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 19 Sep 2022 16:59 WIB
Westminster Abbey menjelang upacara pemakaman Ratu Elizabeth II
Westminster Abbey (Foto: Reuters)
Jakarta -

Rangkaian prosesi upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9) telah dimulai. Seremoni membawa jenazah Ratu Elizabeth II dari Westminster Hall menuju Westminster Abbey telah dimulai. Raja Charles III dan ketiga saudaranya berjalan kaki di belakang peti jenazah yang dibawa dengan kereta meriam tersebut.

Seperti dilansir The Guardian dan CNN, Senin (19/9/2022), peti jenazah Ratu Elizabeth II dibawa oleh personel 1st Battalion Grenadier Guards, yang merupakan pengawal pribadi Ratu Inggris. Sebanyak 12 tentara terbaik dari unit itu dipilih untuk membawa peti jenazah mendiang Ratu Inggris.

Dalam prosesi ini, keempat anak Ratu Elizabeth II, yakni Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward, mengikuti di belakang peti dengan berjalan kaki. Pangeran William dan Pangeran Harry, kedua anak Raja Charles III, juga ikut berjalan di belakang peti.

Permaisuri Camilla, yang merupakan istri Raja Charles, bersama Sarah atau Duchess of York, istri Pangeran Andrew, dan Sophie atau Countess of Wessex, istri Pangeran Edward, juga mengikuti di belakang dengan berjalan kaki.

Kereta meriam yang membawa peti jenazah Ratu Elizabeth II akan ditarik oleh 142 personel Angkatan Laut Inggris dari Westminster Hall menuju Westminster Abbey, yang membutuhkan waktu 10 menit jika ditempuh dengan berjalan kaki.

Ini merupakan pemakaman kenegaraan pertama di Inggris dalam puluhan tahun, setelah Winston Churchill dimakamkan secara kenegaraan pada hampir 60 tahun silam.

Westminster Abbey telah dibuka bagi para tamu undangan untuk menghadiri ibadah pemakaman yang dimulai pukul 11.00 waktu setempat. Dilansir dari BBC, Senin (19/9/2022), sejumlah kepala negara dari berbagai belahan dunia telah tiba di London untuk menghadiri ibadah tersebut. Para politisi senior dan mantan perdana menteri Inggris juga hadir.

Para anggota keluarga kerajaan dari beragam negara di Eropa, yang sebagian punya pertalian darah dengan Ratu Elizabeth II, hadir. Mulai dari Raja Philippe dan Ratu Mathilde dari Belgia, sampai Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol.

Bagian dari upacara dimulai dengan pengangkatan peti jenazah Ratu Elizabeth II dari catafalque, tempat persemayamannya sejak Rabu (14/9) sore. Peti kemudian dibawa ke Westminster Abbey untuk ibadah pemakaman.

Kerumunan banyak orang telah memadati kota London, Inggris, sejak Minggu (18/9) malam hingga Senin (19/9) pagi demi menyaksikan langsung prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II. Beberapa orang bahkan nekat berkemah demi mendapatkan barisan terdepan untuk menonton seremoni langka itu.

Seperti dilansir AFP, Senin (19/9/2022), saat fajar menyingsing di atas Sungai Thames, aliran warga berbondong-bondong keluar dari stasiun bawah tanah Embankment menuju Alun-alun Parlemen di London.

Namun banyak orang lainnya yang sudah tiba di lokasi yang sama, beberapa dari mereka menginap dan berkemah dengan membawa sleeping bag di belakang pagar besi yang telah dipasang di sepanjang distrik pemerintahan Whitehalll, di mana prosesi pemakaman akan melintas.

Simak Video: Alasan Pangeran Andrew Dilarang Pakai Seragam Militer di Pemakaman Ratu Elizabeth II

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT