Setelah Negosiasi Panjang, AS Tukar Tahanan dengan Taliban

ADVERTISEMENT

Setelah Negosiasi Panjang, AS Tukar Tahanan dengan Taliban

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 19 Sep 2022 16:27 WIB
Ilustrasi penjara
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Fahroni)
Jakarta -

Pemerintah Amerika Serikat telah selesai melakukan pertukaran tahanan dengan Taliban. Seorang veteran Angkatan Laut AS ditahan di Afghanistan selama lebih dari dua tahun, dibebaskan oleh Taliban pada hari Senin (19/9), dengan imbalan pembebasan seorang sekutu kunci Taliban.

Dilansir dari kantor berita AFP, Senin (19/9/2022), warga AS tersebut, Mark Frerichs asal Lombard, Illinois, bekerja sebagai insinyur sipil pada proyek konstruksi di Afghanistan ketika dia diculik pada awal Februari 2020.

"Setelah negosiasi panjang, warga negara AS Mark Frerichs diserahkan kepada delegasi Amerika dan delegasi itu menyerahkan Bashar Noorzai kepada kami hari ini di bandara Kabul," kata Menteri Luar Negeri Afghanistan Amir Khan Muttaqi di sebuah acara yang diadakan di Kabul, ibu kota Afghanistan untuk mengumumkan pertukaran tahanan tersebut.

Departemen Luar Negeri AS sebelumnya menggambarkan pembebasan veteran itu sebagai salah satu "prioritas inti yang tidak dapat dinegosiasikan" pemerintah.

"Taliban harus segera membebaskan Mark sebelum dapat mengharapkan pertimbangan aspirasinya untuk legitimasi. Ini tidak bisa dinegosiasikan," kata Presiden AS Joe Biden dalam sebuah pernyataan pada Januari lalu.

Noorzai, seorang panglima perang dan sekutu Taliban, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena penyelundupan heroin dan telah menjalani hukuman 17 tahun di penjara AS.

Meskipun dia tidak memegang posisi resmi, dia telah "memberikan dukungan kuat termasuk senjata" untuk Taliban pada 1990-an, kata juru bicara pemerintah Taliban, Zabihullah Mujahid kepada AFP.

Kepulangannya ke Kabul dirayakan dengan gembar-gembor pahlawan oleh pemerintah Taliban. Foto-foto menunjukkan dia disambut oleh para anggota Taliban bertopeng yang membawa karangan bunga.

(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT