Jelang Pemakaman Elizabeth, Presiden Brasil Sempat-sempatnya Kampanye!

ADVERTISEMENT

Jelang Pemakaman Elizabeth, Presiden Brasil Sempat-sempatnya Kampanye!

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 19 Sep 2022 10:18 WIB
Brazilian President Jair Bolsonaro signs a book of condolence at Lancaster House in London, following the death of Queen Elizabeth II. Picture date: Sunday September 18, 2022. Jonathan Hordle/Pool via REUTERS
Presiden Brasil Jair Bolsonaro saat menandatangani buku belasungkawa untuk Ratu Elizabeth II di Lancaster House, London, pada Minggu (18/9) waktu setempat (Jonathan Hordle/Pool via REUTERS)
London -

Presiden Brasil Jair Bolsonaro dituduh oleh tokoh oposisi pemerintahan telah menjadikan perjalanannya ke London, Inggris, untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II sebagai acara kampanye pemilu. Bolsonaro diketahui berpidato politik di balkon Kedutaan Besar Brasil di London pada Minggu (18/9) waktu setempat.

Seperti dilansir Reuters, Senin (19/9/2022), Bolsonaro terbang ke London sekitar dua pekan sebelum pemilu putaran pertama digelar 2 Oktober mendatang di Brasil. Jajak pendapat terbaru menunjukkan Bolsonaro kalah unggul dari rival utamanya, Luiz Inacio Lula da Silva, yang merupakan mantan Presiden Brasil.

Bolsonaro menyampaikan pidato dari balkon gedung Kedutaan Besar Brasil di London, pada Minggu (18/9) waktu setempat, di hadapan para pendukungnya yang berkumpul di luar gedung. Dia awalnya membahas mendiang Ratu Elizabeth II, sebelum melontarkan tuduhan kepada oposisi pemerintahan Brasil.

Dia menuduh oposisi pemerintahan berusaha menanamkan komunisme di negara terbesar di kawasan Amerika Selatan itu.

"Kita adalah sebuah negara yang tidak menginginkan liberalisasi narkoba, yang tidak ingin bicara soal legalisasi aborsi dan yang tidak menerima 'ideologi gender'," tegas Bolsonaro dalam pidatonya itu.

Reuters sebelumnya melaporkan bahwa tim kampanye Bolsonaro mengharapkan untuk memanfaatkan kunjungan ke London untuk memproyeksikan citra negarawan terhormat dengan dukungan internasional.

Dari London, Bolsonaro akan melanjutkan perjalanan ke New York, Amerika Serikat (AS), untuk menghadiri dan menyampaikan pidato dalam Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Simak video 'Sederet Pemimpin Dunia Tiba di London, Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT