Biden Beri Penghormatan Terakhir ke Ratu Elizabeth Sebelum Pemakaman

ADVERTISEMENT

Biden Beri Penghormatan Terakhir ke Ratu Elizabeth Sebelum Pemakaman

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 19 Sep 2022 09:43 WIB
London -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberikan penghormatan terakhirnya kepada jenazah Ratu Elizabeth II sebelum pemakaman kenegaraan digelar. Biden menyebut Inggris beruntung memiliki seorang pengabdi yang bermartabat dan berdedikasi selama 70 tahun.

Seperti dilansir Reuters, Senin (19/9/2022), Biden menjadi salah satu tamu kehormatan dari sekian banyak para pejabat dan bangsawan lainnya dari Eropa, Asia, Afrika dan Amerika yang hadir secara langsung di London untuk mengikuti prosesi pemakaman kenegaraan pada Senin (19/9) waktu setempat.

Dalam momen penghormatan terakhir pada Minggu (18/9) waktu setempat, Biden menandatangani buku belasungkawa dan mengunjungi langsung jenazah Ratu Elizabeth II yang disemayamkan di Westminster Hall.

Biden kemudian menyatakan kematian Ratu Inggris dalam usia 96 tahun itu meninggalkan lubang besar di panggung global.

"Kepada semua warga Inggris, semua orang di Inggris Raya, hati kami tertuju kepada Anda," ucap Biden. "Anda beruntung memilikinya selama 70 tahun, kita semua beruntung. Dunia lebih baik baginya," imbuhnya.

Biden mengatakan dirinya telah menghibur ahli waris takhta Kerajaan Inggris, Raja Charles III, dengan menyatakan bahwa mendiang Ratu Elizabeth II akan 'bersamanya di setiap langkah, setiap menit, setiap momen dan itu gagasan yang meyakinkan'.

Ratusan ribu orang telah memberikan penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II, dengan orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat dan berbagai negara rela mengantre selama berjam-jam hanya untuk melihat langsung peti jenazah mendiang Ratu Inggris itu secara singkat.

President Joe Biden and first lady Jill Biden (right) view the coffin of Queen Elizabeth II, lying in state on the catafalque in Westminster Hall, at the Palace of Westminster, London. Picture date: Sunday September 18, 2022. Joe Giddens/Pool via REUTERSPresiden AS Joe Biden dan istrinya, Jill, muncul di balkon Westminster Hall untuk memberikan penghormatan terakhir pada jenazah Ratu Elizabeth II pada Minggu (18/9) waktu setempat Foto: Joe Giddens/Pool via REUTERS



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT