Jepang Keluarkan Peringatan Topan Nanmadol, 2 Juta Warga Diungsikan

ADVERTISEMENT

Jepang Keluarkan Peringatan Topan Nanmadol, 2 Juta Warga Diungsikan

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 18 Sep 2022 11:52 WIB
Topan Hagibis yang dikategorikan dalam skala hebat diperkirakan akan menerjang Jepang di akhir pekan. Topan itu akan membawa ombak besar hingga hujan badai.
Ilustrasi Topan di Jepang (Foto: AP Photo/Toru Hanai)
Jakarta -

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan topan khusus pada Sabtu untuk prefektur Kagoshima di Kyushu, pulau paling selatan Jepang. Topan ini dinilai kuat dan berpotensi merusak.

Dilansir Reuters, Minggu (18/9/2022) peringatan ini muncul setelah badan cuaca pada hari sebelumnya mendesak warga untuk mengungsi dari wilayah Kyushu. Topan ini merupakan topan Nanmadol yang diperkirakan akan membawa hujan hingga setengah meter (20 inci).

Disebutkan, Topan Nanmadol diklasifikasikan sebagai topan super oleh Pusat Peringatan Topan Gabungan Angkatan Laut AS. Topan ini berpotensi menjadi badai tropis paling merusak yang menyerang Jepang dalam beberapa dekade.

Topan ke-14 musim ini berada di dekat Pulau Minami-Daito selatan Jepang menuju barat laut dengan kecepatan 20 kph (12 mph) pada Sabtu sore waktu setempat. Sementara angin di pusat badai disebut bertiup dengan kecepatan 198 kph (123 mph) dan berhembus hingga 270 kph (167 mph).

"Badai dan curah hujan yang belum pernah terjadi sebelumnya dapat melanda daerah itu," kata pejabat JMA Ryuta Kurora pada konferensi pers yang disiarkan televisi. Ia juga mendesak penduduk di sana untuk mengungsi sebelum hari gelap.

Media domestik melaporkan, peringatan topan khusus itu akan menjadi peringatan pertama untuk setiap prefektur di utara rantai pulau Okinawa.

Kyushu Railway juga mulai menghentikan beberapa jalur kereta pada hari Sabtu menjelang penangguhan yang lebih luas pada hari Minggu. Ratusan penerbangan akhir pekan di wilayah selatan dibatalkan.

Penyiar domestik menyiarkan rekaman angin kencang dan hujan yang sudah melanda pulau Okinawa di selatan Jepang saat badai mendekat.

Sementara itu, dilansir CNN, sekitar dua juta orang di barat daya Jepang telah diperintahkan untuk mengungsi menjelang topan kuat yang diperkirakan akan terjadi ujar penyiar publik NHK-World Japan.

"Pejabat cuaca telah mengeluarkan peringatan darurat untuk angin kencang, gelombang tinggi, dan gelombang badai untuk Prefektur Kagoshima," lapor NHK.

Selain itu penduduk di 965.000 rumah telah diperintahkan untuk mengungsi di kota-kota tepi laut Miyazaki, Kagoshima, dan Amakusa.

Peringatan tingkat lima merupakan peringatan tertinggi dalam skala peringatan bencana Jepang. Peringatan ini dikeluarkan untuk lebih dari 14.000 orang di kota Nishinoomote di pulau Kyushu, NHK melaporkan.

Simak juga Video: Siklon Tropis Muifa Mendera Pantai Jepang

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT