Joe Biden Berangkat ke Inggris untuk Pemakaman Ratu Elizabeth II

ADVERTISEMENT

Joe Biden Berangkat ke Inggris untuk Pemakaman Ratu Elizabeth II

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Minggu, 18 Sep 2022 03:28 WIB
U.S. President Joe Biden speaks to members of the media before boarding Marine One for travel to Maryland from the South Lawn of the White House in Washington, U.S., August 26, 2022. REUTERS/Leah Millis
Presiden AS Joe Biden. (REUTERS/Leah Millis)
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menuju ke London, Inggris, untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II. Joe Biden akan hadir bersama dengan pemimpin negara lainnya dalam pemakaman Ratu Elizabeth.

Seperti dilansir AFP, Minggu (18/9/2022), pemakaman kenegaraan, yang pertama di Inggris sejak kematian Winston Churchill pada tahun 1965, akan berlangsung Senin (19/9), di Westminster Abbey, London, pada pukul 11:00 waktu setempat.

Biden akan berada di antara beberapa ratus pemimpin dari seluruh dunia yang menghadiri acara yang bersejarah itu, bersama dengan sekitar 2.000 tamu lainnya.

Sementara para pemimpin Uni Eropa, Prancis, Jepang, dan banyak negara lain akan hadir. Sedangkan Rusia, Afghanistan, Myanmar, Suriah, dan Korea Utara tidak diundang.

Gedung Putih mengumumkan, pada Minggu (18/9), Biden akan menghadiri pertemuan yang diselenggarakan oleh Raja Charles III. Kedua pria itu berbicara melalui telepon pada Rabu lalu, Biden bersumpah untuk menjaga "hubungan khusus" antara negara mereka.

Pertemuan Biden yang seharusnya diadakan Senin (19/9) dengan Perdana Menteri baru Liz Truss di kediamannya di Downing Street telah dibatalkan, pejabat AS dan Inggris mengumumkan, tetapi keduanya malah akan bertemu Rabu (21/9) di New York ketika keduanya tiba untuk menghadiri Majelis Umum tahunan PBB.

Para pemimpin dunia mulai berkumpul di London pada Sabtu (18/9) untuk mempersiapkan pemakaman. Kehadiran mereka-- bersama dengan ratusan ribu pelayat dari seluruh Inggris dan seluruh dunia--merupakan tantangan luar biasa bagi polisi Inggris.

Ini akan menjadi acara kepolisian terbesar yang pernah ada di London, kata Kepolisian Metropolitan. Lebih dari 2.000 petugas telah direkrut dari seluruh negeri untuk membantu Scotland Yard.

Setelah pemakaman, peti mati ratu akan dipindahkan dengan mobil jenazah kerajaan ke Kastil Windsor, sebelah barat London, untuk upacara pengabdian.

Hal itu akan diikuti oleh pemakaman khusus keluarga di mana ratu akan dimakamkan bersama mendiang suaminya Philip, kedua orang tuanya dan adik perempuannya.

Lihat Video: Top 5: Pemerintah Buru Bjorka hingga Persemayaman Terakhir Ratu Elizabeth II

[Gambas:Video 20detik]




(rfs/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT