6 Hal soal Putin Lolos Percobaan Pembunuhan dan Hilangnya Pengawal

ADVERTISEMENT

6 Hal soal Putin Lolos Percobaan Pembunuhan dan Hilangnya Pengawal

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 17 Sep 2022 06:16 WIB
Russian President Vladimir Putin delivers a speech at the plenary session of the 2022 Eastern Economic Forum (EEF) in Vladivostok, Russia September 7, 2022. Sergey Bobylev/TASS Host Photo Agency/Handout via REUTERS
Vladimir Putin (Foto: Sergey Bobylev/TASS Host Photo Agency/Handout via REUTERS)
Moskow -

Presiden Rusia Vladimir Putin disebut-sebut lolos dari percobaan pembunuhan. Kendaraan yang ditumpangi Putin dilanda 'letusan keras'.

Seperti dilansir The Mirror dan Euro Weekly, Jumat (16/9/2022), informasi soal 'serangan' yang melanda iringan kendaraan yang membawa Putin itu dilaporkan oleh saluran Telegram SVR General yang dikenal anti-Kremlin. Namun laporan itu belum bisa diklarifikasi secara independen.

Putin diketahui kini tengah berada di Uzbekistan untuk menghadiri pertemuan puncak Organisasi Kerja Sama Shanghai dengan China, India dan beberapa negara Asia Tengah lainnya.

Namun sejumlah media lokal menyebut insiden itu terjadi saat Putin dalam perjalanan kembali ke kediaman resminya di Moskow.

Berikut sejumlah hal yang diketahui sejauh ini:


1. Dihadang Ambulans

Menurut General SVR, iring-iringan itu terdiri atas lima kendaraan lapis baja, dengan Putin berada di kendaraan nomor tiga. Mobil pertama dalam iring-iringan sempat dihadang ambulans.

"Dalam perjalanan ke kediamannya, beberapa kilometer jauhnya, mobil pengawal pertama dihadang oleh sebuah ambulans, mobil pengawal kedua melaju tanpa berhenti (meskipun ada) rintangan tiba-tiba, dan mengambil rute memutari rintangan itu," klaim General SVR dalam postingan Telegramnya.

Russian President Vladimir Putin attends a meeting in Moscow, Russia, Thursday, Aug. 25, 2022. Russian President Vladimir Putin has ordered the Russian military to increase the size of the country's armed forces by 137,000 amid Moscow's military action in Ukraine. (Mikhail Klimentyev, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)Vladimir Putin (Foto: Mikhail Klimentyev, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

Pada kendaraan yang membawa Putin, sebut General SVR, sebuah letusan keras terdengar. "Letusan keras terdengar dari ban depan bagian kiri yang diikuti munculnya asap pekat," demikian pernyataan General SVR.

Meskipun menghadapi 'masalah dengan kendali', menurut General SVR, kendaraan yang membawa Putin berhasil keluar dari lokasi insiden untuk mencapai lokasi aman di kediaman resmi.

"Pada akhirnya, jenazah seorang pria ditemukan di kursi pengemudi ambulans, yang menghadang mobil pertama dalam iring-iringan," sebut General SVR dalam postingannya.


2. Tak Terluka

Laporan yang disampaikan Telegram SVR General menyebut limusin yang membawa Presiden Rusia itu 'diserang' dengan 'letusan keras' di ban depan bagian kiri yang diikuti dengan asap pekat. Putin dilaporkan tidak mengalami cedera apapun dan dengan cepat dibawa ke lokasi aman.


3. Sejumlah Orang Ditangkap

Sejumlah orang dilaporkan telah ditangkap terkait percobaan pembunuhan itu. Dilaporkan juga bahwa sejumlah penangkapan telah dilakukan oleh dinas keamanan Rusia terkait insiden itu. Tapi, tidak dijelaskan lebih lanjut berapa orang yang ditangkap.

Selengkapnya di halaman berikutnya

Simak juga 'Putin Salahkan Eropa Atas Krisis Energi':

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT