Armenia-Azerbaijan Membara, Lebih dari 200 Tentara Tewas Pekan Ini

ADVERTISEMENT

Armenia-Azerbaijan Membara, Lebih dari 200 Tentara Tewas Pekan Ini

ita - detikNews
Jumat, 16 Sep 2022 16:40 WIB
Militer Saling Serang, Perbatasan Armenia-Azerbaijan Kembali Memanas
Armenia dan Azerbaijan membara, lebih dari 200 tentara tewas (Foto: DW (News))
Jakarta -

Korban jiwa dalam pertempuran antara pasukan Armenia dan Azerbaijan telah bertambah. Pemerintah Armenia mengatakan pada hari Jumat (16/9) bahwa setidaknya 135 tentaranya tewas dalam bentrokan perbatasan dengan Azerbaijan pekan ini.

Sementara Azerbaijan menyebut setidaknya 71 tentaranya telah tewas, sehingga jumlah korban keseluruhan menjadi lebih dari 200 tentara dalam pertempuran terburuk antara kedua musuh bebuyutan itu dalam dua tahun.

Kedua belah pihak saling menuduh sebagai pemicu bentrokan, yang meletus pada Selasa (13/9) lalu dan berakhir dengan mediasi internasional pada Kamis (15/9) malam waktu setempat.

Tetangga Kaukasus itu telah berperang dua kali - pada tahun 2020 dan pada 1990-an - atas wilayah Nagorno-Karabakh yang diperebutkan. Wilayah tersebut merupakan daerah kantong Azerbaijan yang berpenduduk Armenia.

"Untuk saat ini, jumlah korban tewas adalah 135," kata Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan dalam rapat kabinet pada hari Jumat seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (16/9/2022).

"Sayangnya, itu bukan angka terakhir. Banyak juga yang terluka," imbuhnya.

Azerbaijan telah melaporkan 71 kematian di antara pasukannya.

Itu adalah pertempuran terburuk sejak kedua negara terlibat dalam perang enam minggu pada tahun 2020.

Dewan keamanan Armenia mengatakan kekerasan berakhir pada Kamis malam lalu "berkat mediasi internasional" setelah upaya sebelumnya oleh Moskow gagal untuk menengahi gencatan senjata.

Simak juga video '49 Tentara Armenia Tewas Dalam Bentrok Dengan Pasukan Azerbaijan':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT