Wanita Saudi Bisa Punya Senjata Api, Makin Banyak yang Belajar Menembak

ADVERTISEMENT

Wanita Saudi Bisa Punya Senjata Api, Makin Banyak yang Belajar Menembak

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 14 Sep 2022 12:27 WIB
Ilustrasi wanita / perempuan Saudi Arabia
Ilustrasi (dok. The Sun)
Riyadh -

Semakin banyak wanita Arab Saudi yang belajar menembak setelah aturan kepemilikan senjata api diubah. Undang-undang (UU) baru, yang diloloskan tahun lalu, mengizinkan wanita Saudi untuk memiliki senjata api.

Seperti dilansir Middle East Monitor, Rabu (14/9/2022), langkah tersebut diambil dua tahun setelah wanita Saudi diperbolehkan mengemudi mobil sendiri, yang mengakhiri larangan kontroversial sejak lama yang dicabut oleh dekrit kerajaan tahun 2017 lalu.

Perubahan UU dalam beberapa tahun terakhir merupakan bagian dari reformasi lebih luas yang diawasi oleh penguasa de-facto, Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), dengan Visi 2030 yang bertujuan mentransformasikan masyarakat dan perekonomian Saudi.

Menurut laporan Zenger News, meskipun menembak sudah menjadi hobi populer di Saudi selama pandemi virus Corona (COVID-19) di tengah lockdown dan social distancing, beberapa wanita Saudi sudah pernah belajar menembak sebelum ini.

"Di usia muda, ayah saya mengajari saya cara menggunakan dan berlatih dengan senapan angin. Saya kemudian bergabung dengan Federasi Panahan Saudi," ucap Reem Alatawi, yang menjadi juara satu dalam kompetisi menembak di Saudi.

"Kita harus berterima kasih kepada pemerintah dan Klub Falcon dan Berburu Saudi untuk kesempatan ini. Sekarang semua orang bisa mendapatkan senjata secara legal dan jauh lebih mudah daripada di negara-negara lainnya," imbuhnya.

Simak juga 'Update Hubungan dengan Saudi, Biden Pastikan Tak Ada Nuklir untuk Iran':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT