Ratu Elizabeth Wafat, Sultan Brunei Kini Jadi Raja Terlama di Dunia

ADVERTISEMENT

Ratu Elizabeth Wafat, Sultan Brunei Kini Jadi Raja Terlama di Dunia

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 13 Sep 2022 17:00 WIB
Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah
Sultan Hassanal Bolkiah (dok. REUTERS/David Gray)
Bandar Seri Begawan -

Sultan Brunei Hassanal Bolkiah kini menjadi raja yang paling lama bertakhta di dunia, setelah Ratu Elizabeth II wafat pekan lalu. Gelar tersebut sebelumnya dipegang oleh Ratu Elizabeth II yang bertakhta selama tujuh dekade atas Kerajaan Inggris.

Seperti dilansir Borneo Bulletin, Selasa (13/9/2022), mendiang Ratu Elizabeth II meninggal dunia dalam usia 96 tahun pada Kamis (8/9) lalu setelah bertakhta selama lebih dari 70 tahun terakhir. Sang putra sulung, Raja Charles III, telah secara resmi naik takhta menjadi Raja Inggris menggantikan mendiang ibundanya.

Usai Ratu Elizabeth II wafat, Sultan Bolkiah kini menjadi pemegang rekor penguasa monarki terlama di dunia, dengan telah memimpin Kesultanan Brunei selama nyaris 55 tahun terakhir.

Sultan Bolkiah diketahui menjadi Putra Mahkota sejak tahun 1961, atau saat dia masih berusia 15 tahun. Dia kemudian naik takhta pada 5 Oktober 1967, atau sehari setelah ayahnya, mendiang Sultan Omar Ali Saifuddien, turun takhta dengan sukarela.

Kesultanan Brunei diketahui telah berdiri sejak 600 tahun lalu, dengan Sultan Muhammad Shah menjadi Sultan Brunei pertama yang memegang takhta tersebut.

Mendiang Ratu Elizabeth II yang bertakhta selama 70 tahun 7 bulan masih memegang rekor sebagai Ratu terlama yang bertakhta dalam sejarah Kerajaan Inggris.

Tonton juga Video: Penghormatan Raja Charles untuk Ratu Elizabeth di Katedral St Giles

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT