49 Tentara Armenia Tewas dalam Pertempuran dengan Azerbaijan

ADVERTISEMENT

49 Tentara Armenia Tewas dalam Pertempuran dengan Azerbaijan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 13 Sep 2022 15:27 WIB
Jakarta -

Pemerintah Armenia mengatakan bahwa setidaknya 49 tentaranya tewas dalam pertempuran dengan pasukan Azerbaijan. Ini merupakan pertempuran terparah antara musuh bebuyutan itu sejak perang mereka pada tahun 2020 atas wilayah Nagorno-Karabakh yang diperebutkan.

"Untuk saat ini, kami memiliki 49 (tentara) tewas dan sayangnya itu bukan angka akhir," kata Perdana Menteri (PM) Armenia Nikol Pashinyan kepada parlemen di ibu kota Armenia, Yerevan, seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (13/9/2022).

Dia mengatakan intensitas pertempuran telah mereda setelah gempuran sengit dari Azerbaijan yang dimulai semalam.

Sebelumnya, pemerintah Armenia meminta bantuan para pemimpin dunia, dengan mengatakan bahwa pasukan Azerbaijan berusaha untuk maju ke wilayahnya.

Kantor Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan mengatakan dia telah menelepon Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken untuk menuntut "reaksi yang memadai" terhadap "tindakan agresif Azerbaijan."

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan pasukannya merespons provokasi Armenia dan membantah klaim bahwa mereka menyerang infrastruktur sipil.

"Angkatan bersenjata Azerbaijan melakukan langkah-langkah terbatas dan terarah, menetralisir posisi menembak Armenia," katanya dalam sebuah pernyataan.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT