Ganggu Iringan Jenazah Ratu Elizabeth, 3 Orang Ditangkap

ADVERTISEMENT

Ganggu Iringan Jenazah Ratu Elizabeth, 3 Orang Ditangkap

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 13 Sep 2022 09:51 WIB
Jenazah Ratu Elizabeth II dibawa ke Katedral St Giles untuk disemayamkan. Gereja ini menjadi tempat persinggahan terakhirnya di Skotlandia.
Jenazah Ratu Elizabeth II disemayamkan di Katedral St Giles, Skotlandia (dok. AP/Jane Barlow)
Edinburgh -

Kepolisian Skotlandia menangkap tiga orang di wilayah Edinburgh terkait dugaan pelanggaran ketertiban dan ketenangan, saat iringan peti jenazah Ratu Elizabeth II dibawa dari Istana Holyroodhouse menuju ke Katedral St Giles.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (13/9/2022), Ratu Elizabeth II wafat dalam usia 96 tahun pada Kamis (8/9) lalu, saat berada di rumah liburannya, Kastil Balmoral, yang ada di Dataran Tinggi Skotlandia. Jenazah Ratu Elizabeth disemayamkan di beberapa lokasi penting di Skotlandia, sebelum nantinya dibawa ke London.

Prosesi membawa jenazah Ratu Elizabeth II dari Kastil Balmoral menuju Istana Holyroodhouse dan Katedral St Giles membuat ratusan ribu orang rela berjajar di pinggir jalanan yang dilewati mobil jenazah itu. Mereka menangis, bertepuk tangan atau memberikan raut wajah muram saat iringan mobil jenazah melintas.

Di tengah prosesi yang berlangsung khidmat itu, ada juga sejumlah orang yang melakukan tindakan-tindakan yang dianggap mengganggu ketenangan dan ketertiban. Bahkan beberapa orang menggelar aksi protes saat iringan mobil jenazah melintas.

Kepolisian Skotlandia dalam pernyataannya menyebut ada tiga penangkapan yang dilakukan pihaknya sejauh ini, terkait gangguan-gangguan tersebut.

Seorang wanita berusia 22 tahun, yang terlihat memegang gambar antimonarki, ditangkap polisi pada Minggu (11/9) waktu setempat. Seorang pria berusia 74 tahun juga ditangkap polisi di Skotlandia pada hari yang sama.

Identitas keduanya tidak diungkap ke publik, hanya disebutnya bahwa keduanya didakwa melanggar ketertiban.

Simak Video 'Seorang Pria Bikin Onar saat Prosesi Peti Ratu Elizabeth II':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT