Geger 750 Ekor Babi Mati di Vietnam Usai Divaksin!

ADVERTISEMENT

Geger 750 Ekor Babi Mati di Vietnam Usai Divaksin!

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 07 Sep 2022 15:58 WIB
Ilustrasi Babi
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Hanoi -

Sekitar 750 ekor babi mati setelah disuntik vaksin flu babi Afrika yang diproduksi Vietnam. Otoritas Vietnam menegaskan kematian babi-babi itu tidak berkaitan dengan kualitas vaksin.

Seperti dilansir Vietnam News dan The Star, Rabu (7/9/2022), insiden itu terjadi pada babi yang disuntik dengan vaksin NAVET-ASFVAC, yang merupakan vaksin pertama buatan Vietnam untuk flu babi Afrika.

Wakil Menteri Pertanian dan Pembangunan Desa, Phung Duc Tien, menuturkan kepada media bahwa lebih dari 21.000 dosis vaksin telah disuntikkan.

"Jika kualitas vaksinnya buruk, semua babi yang telah divaksinasi akan mati," ucap Tien dalam pernyataannya.

Disebutkan Tien bahwa kematian babi-babi usai vaksinasi yang dilaporkan terjadi di tiga provinsi, yakni Binh Dinh, Phu Yen dan Quang Ngai, disebabkan oleh masalah yang terjadi selama proses vaksinasi.

Menurut Tien, sejumlah peternak membeli vaksin itu dan menyuntikkan sendiri kepada babi-babi mereka tanpa berkonsultasi dengan pakar.

Pada Juni tahun ini, Vietnam mengumumkan pihaknya sukses mengembangkan vaksin untuk disuntikkan kepada babi-babi untuk memerangi wabah demam babi Afrika, dengan tujuan menjadi negara pertama yang secara komersial memproduksi dan mengekspor vaksin flu babi itu.

Lihat juga video 'Ikan-ikan di Danau Maninjau Mati Mendadak, Jumlahnya 130 Ton!':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT