Kunjungi RI, Marcos Jr Disambut Hangat Warga Filipina di Jakarta

ADVERTISEMENT

Kunjungi RI, Marcos Jr Disambut Hangat Warga Filipina di Jakarta

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 05 Sep 2022 16:26 WIB
Jakarta -

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr menerima sambutan hangat dari komunitas Filipina yang ada di Indonesia. Pekan ini, Marcos Jr tengah melakukan kunjungan kenegaraan selama tiga hari di Indonesia.

Seperti dilansir Philippine Daily Inquirer, Senin (5/9/2022), Malacanang atau Istana Kepresidenan Filipina dalam pernyataannya menyebut Marcos Jr bertemu dengan komunitas warga Filipina dalam acara yang digelar di Fairmont Hotel, Jakarta, pada Minggu (4/9) waktu setempat.

Sekretaris Pers Malacanang, Trixie Cruz-Angeles, menyatakan sekitar 500 warga Filipina menghadiri acara itu untuk bertemu langsung dengan Marcos Jr dan Ibu Negara Liza Marcos, juga anggota parlemen Filipina Sandro Marcos yang mewakili wilayah Ilocos Norte, serta beberapa anggota kabinet pemerintahan Filipina.

"Mereka menerima kami dengan sangat hangat. Saya sangat rindu bertemu dan berbicara dengan warga Filipina yang sudah lama tidak pulang," ucap Cruz-Angeles dalam siaran langsung via Facebook pada Senin (5/9) waktu setempat.

"Sangat menyenangkan tadi malam. Kami akan memposting bagian di mana Presiden berbicara kepada warga Filipina di sini," imbuhnya.

Marcos Jr menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin (5/9) waktu setempat. Dalam pertemuan itu, Jokowi menyatakan merasa terhormat Indonesia menjadi negara yang pertama dikunjungi Marcos Jr.

Jokowi mengatakan hal itu menjadi penegasan hubungan bilateral di antara kedua negara. "Saya percaya hubungan kedua negara Indonesia dan Filipina akan semakin erat," ujar Jokowi.

Dalam pertemuan bilateral Marcos Jr dan Jokowi, kedua negara sepakat memperkuat kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan. Jokowi juga menekankan mengenai pentingnya keamanan perairan di wilayah perbatasan.

Marcos Jr dijadwalkan akan berada di Indonesia pada 4-6 September. Dari Indonesia, Marcos Jr akan melanjutkan kunjungannya ke Singapura pada 6-7 September mendatang, untuk bertemu Presiden Halimah Yacob dan Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong.

(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT