Pesawat Pribadi Austria Jatuh di Latvia, Pilot-Penumpang Hilang Tanpa Jejak

ADVERTISEMENT

Pesawat Pribadi Austria Jatuh di Latvia, Pilot-Penumpang Hilang Tanpa Jejak

Matius Alfons - detikNews
Senin, 05 Sep 2022 03:25 WIB
Latvia -

Sebuah pesawat jet berpenumpang empat orang yang terdaftar di Austria jatuh di Latvia. Namun anehnya, pesawat jet itu jatuh tanpa adanya tanda-tanda pilot hingga penumpang.

Seperti dilansir AFP, Senin (5/9/2022), insiden itu terjadi saat pengendali penerbangan gagal menghubungi awak pesawat setibanya di lepas pantai Latvia. Otoritas penerbangan dari Jerman, Denmark, dan Swedia pun dikerahkan untuk melakukan kontak dengan awak pesawat yang terus terbang melintasi Eropa utara.

"Tetapi mereka tidak melihat siapa pun", kata pemimpin operasi pencarian dan penyelamatan Swedia Lars Antonsson kepada AFP.

Jet pribadi, yang lepas landas dari Jerez di Spanyol, ini berencana akan mendarat di Koln. Namun, pesawat itu tetap terbang di atas wilayah udara Swedia, tepatnya di Laut Baltik, sebelum akhirnya jatuh ke laut di Ventspils, Latvia, tepat sebelum pukul 20.00 malam waktu setempat.

Otoritas setempat menyampaikan pesawat terbang relatif stabil sampai mendekati pantai Latvia, ketika ketinggiannya hilang dengan cepat. Pesawat pun diduga jatuh lantaran kehabisan bahan bakar.

"Itu jatuh ketika kehabisan bahan bakar", kata Antonsson.

Lebih lanjut, keanehan terus terjadi lantaran tim pencarian dan penyelamatan Latvia tidak menemukan sisa-sisa manusia saat memimpin operasi penyelamatan di lokasi kecelakaan dengan bantuan oleh pesawat penjaga pantai Swedia dan helikopter penyelamat.

"Tetapi tidak ada sisa-sisa manusia yang ditemukan," ucap Antonsson.

"Kami tidak memiliki penjelasan sama sekali, kami hanya bisa berspekulasi tentang apa yang terjadi, tetapi mereka jelas tidak berdaya di atas kapal," ujar Antonsson.

(maa/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT