ADVERTISEMENT

Kabur Saat Krisis, Gotabaya Rajapaksa Pulang ke Sri Lanka 3 September

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 02 Sep 2022 14:43 WIB
Sri Lankas President Gotabaya Rajapaksa speaks during the opening ceremony of the UN Climate Change Conference COP26 in Glasgow, Scotland, Monday Nov. 1, 2021. The U.N. climate summit in Glasgow gathers leaders from around the world, in Scotlands biggest city, to lay out their vision for addressing the common challenge of global warming. (Andy Buchanan/Pool via AP)
Gotabaya Rajapaksa (dok. AP/Andy Buchanan)
Kolombo -

Mantan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa diperkirakan akan mengakhiri 'pengasingannya' di Thailand dan kembali ke negaranya. Rajapaksa yang kabur ke luar negeri saat krisis ekonomi menyelimuti Sri Lanka ini dilaporkan akan pulang ke Kolombo pada Sabtu (3/9) besok.

Seperti dilansir AFP, Jumat (2/9/2022), rencana kepulangan Rajapaksa ke Sri Lanka itu diungkapkan oleh seorang pejabat tinggi pertahanan negara itu, yang enggan disebut namanya, kepada AFP.

Rajapaksa (73) melarikan diri ke luar negeri dengan pengawalan militer sejak Juli lalu setelah demonstran menyerbu kediaman resminya di Kolombo, usai berbulan-bulan menggelar unjuk rasa besar-besaran yang menyalahkan Rajapaksa atas krisis ekonomi parah yang menyelimuti Sri Lanka.

Dia menyampaikan surat pengunduran dirinya dari Singapura, sebelum terbang ke Bangkok, Thailand, di mana dia mengajukan petisi kepada penggantinya untuk memfasilitasi kepulangannya ke Sri Lanka.

"Dia (Rajapaksa-red) telah tinggal di sebuah hotel di Thailand sebagai tahanan virtual dan ingin pulang," tutur pejabat pertahanan Sri Lanka, yang enggan disebut namanya, kepada AFP.

"Kami diberitahu bahwa dia akan kembali pada Sabtu (3/9) pagi," ungkapnya.

"Kami baru saja membentuk divisi keamanan baru untuk melindunginya setelah dia kembali pada Sabtu. Unit itu terdiri atas unsur-unsur dari komando militer dan kepolisian," ucap pejabat Sri Lanka tersebut.

Konstitusi Sri Lanka diketahui menjamin adanya pengawal, sebuah kendaraan dan sebuah rumah untuk para mantan presidennya.

Simak juga video 'Presiden Baru Sri Lanka Dilantik, Posko Demonstrans Langsung Dibongkar':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT