Parah! 2 Pilot Prancis Baku Hantam Saat Pesawat Mengudara

ADVERTISEMENT

Parah! 2 Pilot Prancis Baku Hantam Saat Pesawat Mengudara

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 29 Agu 2022 13:06 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi (dok. iStock)
Paris -

Dua pilot maskapai Prancis, Air France, saling baku hantam di dalam kokpit saat pesawat tengah mengudara. Dampak insiden itu, kedua pilot pun dinonaktifkan dari tugasnya.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (29/8/2022), insiden dua pilot saling berkelahi di dalam kokpit itu terjadi pada Juni lalu, namun informasinya baru mencuat baru-baru ini setelah badan penyelidikan udara Prancis, BEA, merilis laporannya soal perilaku para pilot Prancis pada Rabu (24/8) pekan lalu.

Seorang pejabat maskapai Air France mengatakan pada Minggu (28/8) waktu setempat, dua pilot Air France itu telah dinonaktifkan setelah berkelahi secara fisik di dalam kokpit dalam penerbangan rute Jenewa-Paris pada Juni lalu.

Untungnya, penerbangan itu berhasil mendarat dengan selamat dan perkelahian itu tidak berdampak pada penerbangan.

Laporan media lokal Swiss, La Tribune, menyebut seorang pilot dan seorang kopilot, yang identitasnya tidak diungkap, bertengkar tak lama setelah pesawat lepas landas. Dilaporkan bahwa keduanya saling menarik kerah lawannya setelah salah satu pilot memukul pilot lainnya.

Awak kabin melakukan intervensi dan menengahi perkelahian itu. Salah satu awak kabin bahkan harus tetap berada di dalam kokpit bersama kedua pilot sepanjang sisa penerbangan.

Kabar perkelahian dua pilot dalam kokpit itu mencuat setelah laporan BEA yang dirilis pekan lalu menyebutkan bahwa sejumlah pilot maskapai Air France kurang ketegasan dalam menghormati prosedur selama insiden keselamatan terjadi.

Lihat juga video 'Kepanikan Penumpang Citilink Saat Mendarat Darurat di Juanda':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT