ADVERTISEMENT

Parah! Pilot Boeing 737 Tertidur, Sempat Gagal Mendarat

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 19 Agu 2022 10:12 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Bahadur Ali)
Jakarta -

Parah! Dua pilot pesawat penumpang maskapai Ethiopia tertidur di tengah penerbangan. Mujur, setelah sempat gagal mendarat, pesawat mereka akhirnya berhasil mendarat tanpa ada yang terluka.

Dilansir dari The Aviation Herald, Jumat (19/8/2022), penerbangan Ethiopian Airlines ET343 tersebut sedang melakukan perjalanan dari Khartoum, Sudan ke Addis Ababa, Ethiopia pada 15 Agustus ketika insiden itu terjadi di ketinggian 37.000 kaki.

Pilot seharusnya mulai menurunkan ketinggian saat menuju Bandara Addis Ababa Bole. Namun, pesawat jenis Boeing 737 tersebut tidak juga menurunkan ketinggian karena pilot dan kopilot tertidur.

Menurut Aviation Herald, Kontrol Lalu Lintas Udara berusaha menghubungi kedua pilot tetapi tidak berhasil. Akhirnya, setelah melewati landasan pacu, kedua pilot terbangun setelah autopilot pesawat terputus dan membunyikan alarm.

Pilot kemudian kembali mengarahkan pesawat ke bandara dan berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat. Pesawat tersebut tetap berada di landasan selama sekitar dua setengah jam sebelum berangkat untuk penerbangan berikutnya.

Data penerbangan mengkonfirmasi insiden tersebut, yang menunjukkan bahwa pesawat sempat gagal mendarat karena melewati landasan dan akhirnya berhasil melakukan pendaratan ketika pilot dan kopilot terbangun.

Analis penerbangan Alex Macheras menulis di Twitter: 'Sangat memprihatinkan insiden di maskapai terbesar di Afrika - Ethiopian Airlines Boeing 737 # ET343 masih berada di ketinggian jelajah 37.000 kaki pada saat mencapai tujuan Addis Ababa.

Simak juga Video: Citilink Ungkap Kronologi Pilot Meninggal Usai Mendarat Darurat

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT