India Robohkan 'Menara Kembar' Setinggi 100 Meter dalam 12-15 Detik

ADVERTISEMENT

India Robohkan 'Menara Kembar' Setinggi 100 Meter dalam 12-15 Detik

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 29 Agu 2022 12:35 WIB
Cloud of dust rises as twin high-rise apartment towers are razed to ground in Noida, outskirts of New Delhi, India, Sunday, Aug. 28, 2022. The demolition was done after the countrys top court declared them illegal for violating building norms. The 32-story and 29-story towers, constructed by a private builder were yet to be occupied and became Indias tallest structures to be razed to the ground. (AP Photo/Altaf Qadri)
Momen saat dua gedung apartemen yang dijuluki 'Menara Kembar' di India dirobohkan (AP Photo/Altaf Qadri)
New Delhi -

Otoritas India merobohkan dua gedung bertingkat yang dijuluki 'Menara Kembar' di pinggiran ibu kota New Delhi pada Minggu (28/8) waktu setempat. Proses penghancuran kedua gedung bertingkat yang memaksa ribuan orang dievakuasi itu ditayangkan secara langsung oleh televisi-televisi setempat.

Seperti dilansir AFP, Senin (29/8/2022), kedua gedung bertingkat setinggi 100 meter itu dirobohkan karena dibangun secara ilegal. Penghancuran kedua gedung yang dibangun di Noida itu menjadi contoh langka otoritas India menindak para pengembang dan pejabat korup.

Gedung bernama Apex yang memiliki 32 lantai dan Ceyane dengan 29 lantai itu terdiri atas nyaris 1.000 unit apartemen yang tidak pernah dihuni selama sembilan tahun saat sengketa hukum terjadi. Kedua gedung apartemen itu dirobohkan dalam hitungan detik, hingga memicu kepulan debu dan puing-puing yang besar.

Laporan Reuters yang mengutip otoritas setempat menyebut dua gedung apartemen itu dirobohkan dalam waktu hanya 12-15 detik saja. Kedua gedung itu menjadi struktur bangunan terbesar yang pernah dihancurkan di India.

Media-media lokal menyebut dua gedung apartemen itu dirobohkan dalam ledakan terkendali menggunakan 3.700 kilogram peledak.

Ribuan orang dan anjing-anjing liar yang ada di sekitar kedua gedung yang dirobohkan terpaksa dievakuasi sebelum proses penghancuran dilakukan.

Tidak ada laporan korban luka maupun kerusakan terhadap gedung-gedung sekitar usai penghancuran kedua gedung apartemen itu dilakukan. Seorang pejabat setempat menuturkan kepada wartawan bahwa operasi penghancuran itu berjalan 'sebagian besar sesuai rencana'.

Lihat video '2 Gedung Pencakar Langit di India Dihancurkan':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT